Hanya Modal Rp30 Ribu, Black Opal Abal-Abal Bisa Laku Rp2 Juta. Hati-Hati! – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hiburan

Hanya Modal Rp30 Ribu, Black Opal Abal-Abal Bisa Laku Rp2 Juta. Hati-Hati!

SIAPA  yang tidak kenal black opal. Batu unik yang meiliki efek bias warna ini menjadikannya permata yang paling banyak diburu. Masyarakat Indonesia mengenal batu black opal dengan sebutan Kali Maya. Batu ini punya nama besar dipasar lokal maupun internasional. Sangkikng tingginya minat pasar untuk black opal, batu ini pun tak luput pemalsuan.

Peredaran black opal abal-abal ini cukup luas dan terbilang sukses. Banyak korban yang akhirnya gigit jari karena tahu black opal yang dibelinya tenryata palsu. Pertanyaannya mengapa kita bisa tertipu?

Pengakuan Amir (46) salah satu penjual batu akik di Kebayoran Lama,  Jakarta Selatan, mengaku batu balck opal palsu memang agak sulit diidentifikasi, kecuali kita memiliki batu asli sebagai perbandingan.

“Ini saya dapat ketika ada teman yang menunjukan batu balck opal palsu. Kebetulan saya punya yang asli. Jadi kalau dibandingkan memang sangat berbeda,” teragnnya.

Dikatakan, pembuat balck opal palsu sangat memperhatikan detil batu ini. Dari warna dan jarongnya, semua diukur. Apalagi sebagain bahan black opal palsu juga menggunakan unsur yang sama, yaitu lumpur atau black opal kualitas rendahan. [NEXT-FAJAR]

Peracik blak opal palsu bisa mendapatkan campuran dasar ini dengan mudah. Mereka cukup meminta atau membeli dari penjual dengan harga yang terjangkau. Dikalangan penjual batu balck opal, nama bahan ini adalah black opal sepur atau black opal kualitas terendah.

Kemudian, bahan lainya adalah lem silicon, serbuk warna (glitter) untuk jarong balck opal, pewarna rambut hitam dan kertas aluminium foil.

Lumpur atau sepur opal dicampur dengan glitte, lem dan pewarna rambut kemudian dibentuk. Setelah terbentuk campuran itu dikeringkan dan diamplas atau diratakan.

Bahan yang sudah kering kemudian dibungkus lagi dengan alumunium foil dan dibakar. Hanya butuh waktusekitar 3 jam, batu black opal abal-abal bisa dipasarkan.

“Teman saya memberitahukan cara ini. Hasilnya cukup baik, hampir persis dengan black opal palsu,” teranya.

Disampaikan, keperluan untuk belanja bahan-bahan black opal tidak lebih dari Rp20-30 ribu. Sementara harga jualnya bisa sampai Rp2 juta.

“Jadi harus hati-hati. Jangan sampai tertipu oleh praktik-praktik curang seperti ini,”saran Amir. (iqi)

 

loading...
Click to comment
To Top