Ini Alasan Smart City Penting Diterapkan di Kota-kota – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Ini Alasan Smart City Penting Diterapkan di Kota-kota

MAKASSAR, FAJARONLINE — Konsep smart city, menjadi salah satu topik yang diperbincangkan dalam salah satu sesi diskusi rangkaian ASEAN Mayors Forum, di Four Points by Sheraton Hotel, Rabu 9 September.
Sistem smart city, yang dikembangkan di berbagai kota di dunia, menjadi perhatian para pebisnis, untuk berpartisipasi dalam hal investasi. Para Wali Kota dan kepala daerah yang menjadi peserta pun antusias menyimak.
“Smart city ini terkait dengan penggunaan teknologi yang membantu komunikasi dan berbagai pelayanan publik lebih transparan, tidak KKN (Korupsi), dan cepat. Berbagai pembayaran, dan transaksi juga melalui elektronik,” jelas Karunia, wakil dari Pemerintah DKI Jakarta, saat menjadi pembicara.
Di Jakarta, misalnya, pemerintah membuat portal Interaksi publik yang menampung keluhan-keluhan warga, membuat aplikasi sosial smart city yang bisa diakses melalui aplikasi smartphone, hingga software yang bisa langsung mendeteksi wajah-wajah orang melalui CCTV.
“Kalau yang terakhir masih kita kembangkan,” ujar dia.
Beberapa pembicara, antara lain, Wali Kota Seberang Perai Malaysia, Dato Maemunah, Head Local Government and Decentralization UN Habitat, Perwakilan Pemerintah Tangeran Arief Wismansyah, dan Perwakilan Philips, Wibawa Jati. (sbi/wik)
loading...
Click to comment
To Top