Ini Poin Rencana Deklarasi AMF Makassar – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Ini Poin Rencana Deklarasi AMF Makassar

FAJARONLINE, MAKASSAR — Wali kota se-ASEAN yang tergabung dalam ASEAN Mayors Forum (AMF) 2015 memunculkan beberapa butir konsep program. Sekretariat United Cities and Local Governments Asia-Pacific (UCLC) Dr Bernadia Irawati Tjandradewi mengatakan, segera melobi ke 11 poin tersebut pada ASEAN melalui perwakilan Menteri Luar Negeri dan Mendagri yang hadir.

Berikut 11 konsep yang akan menjadi dasar deklarasi AMF Makassar
1.Perlu ASEAN untuk lebih mencapai lokal government dan melibatkan pemerintah lokal
2.Berharap pemerintah pusat memberikan otoritas lebih baik kepada pemerintah daerah dalam finansial maupun regulasi. Regulasi yang dimaksud dalam hal ini legal system dan administrasi.
3.Perlu meningkatkan kesadaran untuk komunitas Asean sehingga masyarakatnya tahu apa itu Asean Community dan usulan penyelanggaraan AMF setiap tahun.
4.Pembentukan Asean Mayor Secretariat untuk mempersiapkan tuan rumah AMF berikutnya.
5.Tujuan pembangunan berkelanjutan dan agenda kota yang perlu melibatkan pemerintah daerah dan dibantu Asean untuk implementasinya.
6.Perlu visi dari pemerintah daerah terhadap persiapan Asean Community jadi diharapkan setiap pemerintah daerah memiliki perencanaan baik menghadapi MEA.
7.People center development atau pembangunan berpusat kepada manusia di dalamnya yakni peranan pemuda dan gender termasuk perempuan dan anak-anak.
8.Isu pendidikan dan pariwisata
9.Perhatian terhadap isu Pemerintah daerah seperti perubahan iklim, kota dagang,reseliensi, ekonomi lokal dan pengurangan gap antara yang miskin dan kaya (kemakmuran).
10. Pengurangan kemiskinan.
11. Pemerintah daerah lebih progresif dan melihat lebih jauh dalam mencapai pemerintahan baik yang didalamnya termasuk transparansi,partisipasi masyarakat, perusahaan bisnis dan menimbulkan keyakinan masyarakat terhadap pemerintah daerah. (rilis)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top