Masih Terdaftar Anggota DPR, Puan Beralasan Proses PAW Sudah Berproses di Fraksi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Masih Terdaftar Anggota DPR, Puan Beralasan Proses PAW Sudah Berproses di Fraksi

FAJARONLINE, JAKARTA- Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani menyatakan pergantian dirinya dari keanggotaan dewan sudah ditangani Fraksi PDI Perjuangan.

“Semua itu sudah ada di fraksi,” katanya saat dijumpai di gedung DPR, Jakarta, Selasa (8/9).

Puan mengakui bahwa proses pergantian antar waktu (PAW) dirinya dari keanggotaan di DPR belum ada keputusan. Menurutnya, hal itu sepenuhnya kewenangan Fraksi PDIP.

“Proses sudah, hanya masalah PAW yang di bawah saya. Itu hak internal PDI Perjuangan,” katanya.

Untuk itu, Puan menyerahkan seluruh proses pergantian kepada Fraksi PDIP.

“Jadi teknis prosesnya tanya ke fraksi,” ujar Puan yang pernah menjabat ketua Fraksi PDIP periode 2009-2014.

Selain Puan, politisi PDIP lain yang juga merangkap jabatan sebagai menteri dan anggota dewan adalah Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dan Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung.

Kesekjenan DPR telah menerima surat pengunduran diri dari Tjahjo Kumolo pada 28 Oktober 2014 dan dari Pramono Anung pada 14 Agustus 2015. Namun, belum untuk nama Puan Maharani.

Kendati demikian, gaji Puan dan Tjahjo telah dihentikan sejak November 2014 lalu. Sebab, penunjukkan mereka sebagai menteri di Kabinet Kerja telah dilakukan lebih dulu dari Pramono.

Belum diterimanya surat dari DPP PDIP membuat DPR tidak dapat memproses pengunduran diri Puan Maharani. Hal itu berdasarkan pasal 239 ayat 1 Undang-Undang Nomor 17/2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (MD3), di mana anggota DPR dapat di-PAW jika meninggal dunia, mengundurkan diri atau diberhentikan. Namun, pemberhentian itu baru bisa dilakukan setelah ada usulan dari pimpinan kepada pimpinan DPR dengan tembusan presiden. Sebagaimana diatur dalam pasal 240 ayat 1. [sam]

loading...
Click to comment
To Top