Menunggu Gebrakan Wisata Kota Semarang – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Menunggu Gebrakan Wisata Kota Semarang

SEMARANG, RAJA – Kedatangan wisatawan lokal maupun mancanegara, diharapkan dapat ditingkatkan seiring dengan pembahasan Panitia Khusus (Pansus) Riparkot (Rencana Induk Kepariwisataan Kota).

Ketua Komisi D DPRD Kota Semarang Laser Narindro mengatakan, Riparkot bertujuan untuk memberikan arah untuk 10 tahun ke depan bidang kepariwisataan kota. “Kami sudah mulai melakukan pembahasan sejak beberapa bulan lalu,” katanya, Selasa (8/9).

Dijelaskan, pihaknya bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang sudah memetakan beberapa potensi obyek wisata baru di kota ini. Obyek wisata tersebut, antara lain wisata baru Fatimah Zahra di Gunungpati, Pelabuhan Tanjung Emas, Vihara Buddhagaya Watugong, makam Terboyo (Jumadil Qubro), hutan Manggrove di Tugurejo serta river tubing di Kali Kreo Gunungpati.

Keberadaan obyek wisata potensial baru ini, kata dia, nantinya akan melengkapi berbagai obyek yang sudah ada. Seperti Kota Lama, Taman Margasaatwa Mangkang, Taman Lele, Gua Kreo dan Waduk Jatibarang. “Diharapkan dari pansus ini dapat meningkatkan daya tarik wisatawan lokal maupun asing untuk berkunjung dan menginap serta berbelanja di Kota Semarang,” terangnya.

Sementara itu, Kadisbudpar Kota Semarang Masdiana Safitri mengakui perlu adanya penambahan obyek-obyek wisata baru di kota ini. “Sebagai ibukota Jateng, angka kunjungan wisatawan sekitar 3 ribu per tahun dinilai masih cukup rendah. Makanya butuh terobosan-terobosan baru di bidang pariwisata untuk mendongkrak kunjungan mereka,” katanya. (Art)

Click to comment
To Top