Minum Kopi Ternyata Bikin Kita Lebih Konsentrasi. Coba Juga Menu Lain yang Punya Efek Sama – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Minum Kopi Ternyata Bikin Kita Lebih Konsentrasi. Coba Juga Menu Lain yang Punya Efek Sama

APAKAH bangun pagi Anda penuh semangat? Atau malah lelah karena rutinitas pekerjaan membuat kepala pusing tujuh keliling?

Jika iya, hal itu lantaran menurunnya daya konsentrasi. Akibatnya Anda sulit fokus dan kehilangan gairah mengerjakan tugas kantor.

Beberapa makanan dan minuman berikut tak hanya bisa jadi penawarnya, bahkan juga berkhasiat memperkuat daya ingat Anda.

1. Kopi dan kayu manis

“Kopi bisa membantu Anda fokus. Bahkan dua hingga tiga cangkir sehari bisa memperkuat daya ingat,” kata juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics, Jen McDaniel, RD, seperti dilansir laman Yahoo Health, Selasa (8/9).

Efeknya akan jauh lebih baik pada otak, jika Anda menambahkan beberapa ranting kayu manis. Sebuah penelitian telah membuktikan, bau rempah-rempah bisa membangkitkan gairah, meningkatnya kewaspadaan dan menawar frustrasi.

2. Green Tea

Minuman kuno ini mengandung L-theanine, asam amino yang berkhasiat meningkatkan gelombang otak alpha, serupa manfaat ketika Anda meditasi. Ini berhubungan dengan relaksasi.

3. Buah beri

Berries atau di Indonesia disebut buah buni, tidak hanya menurunkan risiko alzheimer, beberapa studi menunjukkan mengonsumsi buah ini benar-benar bisa meningkatkan konsentrasi hingga 5 jam kemudian.

4. Dark chocolate dan atau bubuk kakao

Dark chocolate diketahui mampu meningkatkan aliran darah ke otak, dan bisa membantu Anda untuk tidak jadi pelupa meski dimakan usia.

5. Air dicampur lemon

Studi menunjukkan bahwa dehidrasi bisa mengacaukan memori dan fungsi otak. Penelitian telah menemukan bahwa aroma lemon meningkatkan kinerja otak untuk tugas-tugas yang memerlukan konsentrasi tinggi.

6. Buah bit

Buah berwarna merah ini mengandung nitrat diet yang bila dikonsumsi berubah menjadi nitrit di dalam tubuh. Manfaatnya meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak.

7. Peppermint tea

Aroma peppermint membuat Anda rileks. Khasiatnya menurunkan kecemasan dan kelelahan. Lebih dari itu, aroma peppermint ternyata mampu meningkatkan motivasi dan semangat bekerja. (fny/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top