P2KP Siap Wujudkan Kota Tanpa Kumuh – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

P2KP Siap Wujudkan Kota Tanpa Kumuh

FAJARONLINE, MAKASSAR — Pemerintah melalui Ditjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menarget prakarsa kawasan pemukiman 100-0-100. Program Peningkatan Kualitas Permukiman (P2KP) diharap dapat mewujudkan Kota bebas kumuh 2019 mendatang.
Saat ini di Sulsel terdapat 1400 Hektar lebih kawasan permukiman kumuh. Makassar sebagai kota besar tentunya tidak lepas dari kawasan kumuh di Sulawesi Selatan. Hal ini dikarenakan pusat aktifitas dan pertumbuhan penduduk serta laju urbanisasi yang terjadi.
Kamaruddin lebih lanjut mengungkapkan jika pola pikir masyarakat yang sudah terbiasa dengan pola pikir kurang baik harus menjadi sasaran utama dalam target 100 persen air minum, 0 persen kawasan kumuh dan 100 persen sanitasi layak.
Sementara itu Sekertaris Dinas Tata Ruang dan Permukiman Provinsi Sulawesi Selatan, Sumi Heriza Sikki mengatakan jika menurunya kulaitas perumahan diakibatkan alih fungsi perumahan menjadi kawasan usaha. “Terjadi alih fungsi area kawasan. Kawasan perumahan menjadi rumah bisnis tau usaha ini juga menurunkan kualitas perumahan kita,” ujarnya.
Program Peningkatan Kualitas Permukiman (P2KP) sendiri berfungsi menyiapkan Masyarakat. Sebanyak 230 fasilitator tersebar di 321 kelurahan di Sulawesi Selatan dengan melakukan pendampingan setiap harinya.(mp12/wik)
loading...
Click to comment
To Top