Polisi “Lempar Handuk” untuk Kasus Pasar Lakessi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Polisi “Lempar Handuk” untuk Kasus Pasar Lakessi

FAJARONLINE, PAREPARE — Tindak lanjut penanganan laporan masyarakat terhadap kasus Pasar Lakessi di Polres Parepare tampaknya tertahan. Pasalnya, penyidik melempar handuk untuk kasus ini karena tidak bisa memproses laporan dari Muhammad Fihir atas dugaan penipuan, korupsi, dan penyalahgunaan wewenang yang dilakukan tim sosialisasi pemindah Pasar Lakessi, karena kasus serupa ditangani Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulsel.

Kasatreskrim Polres Parepare, AKP Nugraha Pamungkas, mengatakan, saat ini timnya terkendala MoU yang sudah disepakati antarlembaga penegak hukum tentang tak boleh menangani kasus yang sama atau berhubungan. Laporan yang diterimanya pun itu memiliki hubungan dengan kasus yang ditangani Kejati, terkait laporan LSM Sorot Indonesia, tentang dugaan pungutan liar (Pungli) di Pasar Lakessi.

“Kami sangat gemes dan ingin memproses kasus ini. Tapi toh kami terkendala dengan MoU dari Kejaksaan dan Polri. Laporan yang pertama kan masuk di Kejati pada 2013 lalu. Sedangkan yang masuk ke kami baru beberapa hari lalu,” ujar Nugraha, Rabu, 9 September.

Nugraha mengungkapkan, dalam laporan yang masuk di Polres Parepare, disebutkan bahwa penarikan uang hingga pengundian los dari calon pedagang terjadi pelanggaran. Salah satunya, berupa banyak pedagang yang tak mendapatkan los sesuai kesepakatan meski telah membayar uang jaminan.

“Biar bagaiamana pun, kami tak bisa melangkah. Kecuali ada surat resmi dari kejati yang membolehkan kami memproses laporan ini. Biarpun laporan ini berbeda, tetapi awal mula kasus yang dilaporkan ini kan berupa pungutan dari tim sosialisasi yang berembes terjadinya berbagai dugaan pelanggaran,” katanya lagi. (syl/wik)

loading...
Click to comment
To Top