PPK Minim, Kepala SKPD Menolak Uji Sertifikasi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

PPK Minim, Kepala SKPD Menolak Uji Sertifikasi

FAJARONLINE, PAREPARE — Jumlah Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) di Kota Parepare sangat minim sehingga berbanding terbalik dengan agenda kegiatan dalam APBD Kota Parepare 1.572 proyek yang tersebar di 34 Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD). Hal inilah penyebab banyak proyek belum berjalan hingga triwulan ketiga.

Sekretaris Daerah Kota Parepare, Mustafa Mappangara, mempertanyakan rendahnya tingkat kelulusan pada setiap ujian sertifikasi keahlian pengadaan barang jasa yang diselenggarakan pemerintah  Kota Parepare.  Selama empat tahun kegiatan ini digelar, hanya menghasilkan 192 PPK.

Parahnya lagi, sampai saat ini, tidak pimpinan SKPD di Kota Parepare yang terdaftar sebagai PPK. Bahkan dalam kegiatan uji sertifikasi dan bimbingan teknis pengadaan barang dan jasa, tak seorangpun kepala SKPD yang hadir.

“Pimpinan SKPD perlu memahami berbagai aturan terkait pengadaan barang jasa. Jadi, salah kalau kepala dinas tidak mau mengikuti kegiatan ini karena tidak ingin menjadi PPK,” katanya, Rabu, 9 September.

Parahnya lagi, mustafa menyoroti kemampuan dari PNS yang ada di Kota Parepare. Pasalnya, dalam setiap kegiatan ujibsertifikasi, banyak PNS yang gugur, baik karena tak memahami materi ataukah tak lulus psikologi.

“PNS kita mesti dibenahi. Kemampuan mereka patut kita pertanyakan. Masa banyak ujian selalu gugur. Apakah hanya sebatas itu kemampuan PNS kita, ataukah memang nereka sengaja membodohkan diri mereka karena tidak mau menjadi PPK atau panitia pengadaan barang dan jasa,” herannya. (syl/wik)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top