3.408 Peserta Ramaikan Kelopak Galang 2015 – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

3.408 Peserta Ramaikan Kelopak Galang 2015

FAJARONLINE, MALILI — Kemah Lomba Pramuka Penegak dan Penggalang 2015 atau yang lebih dikenal dengan sebutan “Kelopak Galang 2015” yang berlangsung di Bumi Perkemahan Sawerigading Sorowako Kecamatan Nuha. Pembukaan kegiatan Kelopak Galang tahun ini tampak lebih semarak pasalnya diramaikan penampilan Marching Band dari SMA YPS Sorowako.

Kegiatan bertemakan “ Pramuka Garda Terdepan Pelaku Perubahan Dalam Pembentukan Karakter Kaum Muda”  mengusung motto “Satyaku Kudarmakan, Dharmaku Kubaktikan”  berlangsung selama 6 hari, 8 – 13 September 2015 dengan jumlah peserta sebanyak 3.408 orang dengan rincian yakni Anggota Gerakan Pramuka Golongan Penggalang SD sebanyak 1.003 peserta, Anggota Gerakan Pramuka Golongan Penggalang SMP 1.193 peserta, Anggota Gerakan Pramuka Golongan Penegak 647 peserta, Pembina Pendamping 406 orang dan panitia kelopak galang sebanyak 159 orang.

Panitia Pelaksana Muslimin, mengatakan dalam  kegiatan Kelopak Galang dilaksanakan berbagai lomba yakni untuk tingkat penggalang diantaranya lomba sandi – semaphore – sandi kotak, lomba ketangkasan baris berbaris menggunakan tongkat, lomba pidato bahasa inggris dan lomba melukis.

Sedangkan pada tingkat penegak dilombakan tata cara upacara, lomba cepat tepat pramuka (LCTP), lomba parody dan lomba stand up comedy.

Selain kegiatan lomba, lanjut Muslimin, sejumlah kegiatan umum, bakti sosial  dan kesenian budaya juga akan dilaksanakan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Luwu Timur  Bahri Suli yang bertindak sebagai Inspektur Upacara pada kegiatan tersebut mengatakan bahwa membangun manusia yang memiliki karakter serta membangun bangsa yang memiliki watak yang kuat dapat dicapai melalui gerakan pramuka olehnya itu peranan gerakan pramuka sebagai lembaga non formal sangat efektif. (shd/wik)

loading...
Click to comment
To Top