Bupati Ancam Alihakan PLTMG ke Gas Rumah Tangga – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Bupati Ancam Alihakan PLTMG ke Gas Rumah Tangga

SENGKANG, FAJARONLINE — Belum ada kejelasan mengenai pembagunan Pusat Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Wajo membuat Bupati Wajo, Andi Burhanuddin Unru geram. Bupati dua priode itu mengancam akan mengalihkan PLTMG ke gas rumah tangga.

“Kalau memang PLTMG tidak bisa selesai kita alihkan saja menjadi gas rumah tangga. Manfaatnya lebih berguna dibanding PLTMG karena langsung dinikmati masyarakat,”ujar Andi Burhanuddin.

Masalah jaringannya, Andi Burhanuddin mengaku, pemerintah siap menggarkan untuk membagun jaringan ke rumah-rumah penduduk. Karena masih banyak masyarakat yang meminta untuk dipasangkan gas rumah tangga.

Terkait, tiga perusahaan yang bersaing untuk mengelolah PLTMG berdaya 20 mw yakni PT Humpus, PT Energi Sengkang dan PT Makmur Mandiri Langgeng, Andi Burhanuddin menyerahkan sepenuhnya ke PLN.”Kita serahkan ke PLN. Pasti PLN tidak sembarangan menunjuk mitra karena mereka yang akan beli,”ujar Andi Burhanuddin.

Tak hanya mengalihkan dari PLTMG ke gas rumah tangga, Andi Burhanuddin juga mengancam membubarkan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) bila jatah gas

sebesar 4 MMBTU yang diberikan SKK Migas ke Pemerintah Wajo sebagai daerah penghasil tak bisa dimanfaatkan.

“Kalau jatah gas yang diberikan SKK Migas tak bisa memasukkan PAD bagi kita, bubarkan saja itu BUMD,”tegasnya.

Sebelumnya, DPRD Wajo memanggil pihak PLN dan BUMD untuk menanyakan kejelasan PLTMG Wajo.Pasalnya, sudah tiga tahun lebih PLTMG itu terbengkalai.Padahal tahun 2016 PLTMG itu harus selesai.(wan)

loading...
Click to comment
To Top