CPNS di Salatiga Harus Ciptakan Birokrasi yang Bebas KKN – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

CPNS di Salatiga Harus Ciptakan Birokrasi yang Bebas KKN

SALATIGA – Sejumlah 30 calon pegawai negeri sipil (CPNS) formasi umum Pemkota Salatiga mengikuti Pendidikan dan Latihan (Diklat) Prajabatan Golongan II angkatan 242 di Aula Widya Graha LP3S Sinode, Kamis (10/9). Peserta tersebut merupakan CPNS Pemkot Salatiga formasi Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun 2014 yang ditempatkan di SKPD sejak 1 Maret 2015 lalu.

Diklat yang digelar ini menggunakan kurikulum baru sesuai Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara (Perkalan) No 39 Tahun 2014 tentang Pedoman Penyelenggaraan Diklat Prajabatan CPNS Golongan I dan II. Dan lebih ditekankan pada pengembangan karakter CPNS atau calon Aparatur Sipil Negara (ASN) khususnya kemampuan untuk menciptakan birokrasi yang bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) serta lebih mengedepankan sisi kompetensi calon aparatur.
Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Salatiga, Adhi Isnanto SSos MSi mengatakan, bahwa sebelum diklat ini lebih dulu membekali peserta dengan orientasi CPNS selama 7 hari kerja mulai 2-9 September 2015.
“Diklat Prajabatan ini dilaksanakan selama 27 hari kerja (230 jam pelajaran) mulai 10 September hingga 15 Oktober 2015 mendatang. Perinciannya 13 hari kerja untuk pembelajaran dalam kelas dan 14 hari kerja pembelajaran diluar kelas atau aktualisasi nilai dasar profesi PNS,” jelas Adhi Isnanto.
Walikota Salatiga Yuliyanto SE MM berpesan agar para peserta dapat mengikuti diklat ini dengan baik sesuai dengan jadwal yang ada. Selain itu, nantinya dapat memahami dan memanfaatkan ilmu yang didapat dan mentaati peraturan serta perintah Widya Iswara.
“Selanjutnya, jadikan diklat ini sebagai wahana olah pikir sehingga dapat menambah wawasan, inovasi baru, pembentukan sikap mental, perilaku, displin, komitmen serta budaya kerja,” tandas Yuliyanto.
Diklat tersebut dibuka Walikota Salatiga Yuliyanto SE MM yang didampingi oleh Kepala Bidang (Kabid) Diklat Kepemimpinan Badan Diklat Provinsi Jateng Drs Bagus Surjanto MPd, Kepala BKD Kota Salatiga Adhi Isnanto SSos MSi, perwakilan dari Denpom IV/3 Kota Salatiga, Staf Ahli Walikota, Asisten Sekda, pimpinan SKPD serta para Camat di Salatiga. (hes)

loading...
Click to comment
To Top