Modus Baru Begal Bikin Geleng-Geleng. Jika Ketemu Jangan Digubris – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Modus Baru Begal Bikin Geleng-Geleng. Jika Ketemu Jangan Digubris

TIMIKA- Aksi begal kembali terjadi, Selasa (8/9) sekitar pukul 09.30 WIT di Jalan Cenderawasih, Timika, Papua. Kali ini menimpa Darmin, warga Jalan Budi Utomo. Darmin lalu melaporkan kasus itu ke Polsek Mimika Baru (Miru), Rabu (9/9) .

Darmin menuturkan, peristiwa itu berawal saat dirinya baru pulang dari Koperasi Karyawan PT Freeport Indonesia (Kokarfi) SP 2 untuk mengambil kardus bekas. Saat hendak pulang, tiba-tiba ia dicegat seorang pria.

Pria itu langsung menuduh Darmin menabrak adiknya beberapa hari lalu. “Dia tahan saya, baru dia bilang ko (kau) ini yang tabrak saya punya adik,” tutur Darmin menirukan kata-kata pelaku.

Selanjutnya pelaku meminta ponsel korban. Permintaan pelaku itu kemudian dituruti korban. “Dia suruh saya kasih HP. Karena saya tidak curiga dan saya tidak pernah menabrak orang, makanya saya kasih saja HP saya dua buah,” sambungnya.

Setelah itu, pelaku lalu mengajak korban untuk mendatangi salah satu rumah di kompleks Perumahan Pemda, yang menurut pelaku itu merupakan rumahnya. Tanpa curiga, korban langsung mengarahkan sepeda motor Tossa-nya itu mengikuti pelaku yang juga mengendarai sepeda motor.

“Dia bilang kita ke rumah saja, supaya dia punya adik mau lihat saya punya wajah. Biar jelas saya yang tabrak adiknya atau bukan,” jelas Darmin. Namun, saat tiba di dalam kompleks perumahan Pemda, pelaku malah menyuruh korban pulang dan meninggalkan motor untuk jaminan.

“Dia suruh saya kasih tinggal motor. Baru dia sempat mau ambil saya punya dompet, tapi saya tidak mau kasih, makanya dia suruh saya pulang. Jadi yang dia tahan saya punya HP dua dengan motor, katanya sebagai jaminan,” papar Darmin.

Anggota Polsek Miru yang menerima laporan tersebut langsung mendatangi Tempat Kejadian Perkara (TKP). Namun saat tiba di TKP, pelaku tersebut sudah tidak ada. Di situ hanya ada motor korban yang terparkir.

Polisi kemudian mendatangi rumah yang menurut korban merupakan rumah pelaku. Setelah ditanya, ternyata pemilik rumah tersebut mengaku tidak tahu dengan kejadian yang dialami korban.

Pemilik rumah tersebut juga menyatakan tidak kenal dengan pelaku. Polisi lalu mengarahkan korban untuk membawa pulang kembali motor Tossa-nya. Ternyata Darmin tertipu.

Sementara itu Kapolsek Miru, AKP I Gede Putra, mengatakan, kasus serupa sudah sering terjadi. Karena itu, ia mengimbau warga untuk tidak mudah percaya dengan pengakuan-pengakuan seperti yang dialami korban.(tns/jpg)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top