Pemprov Sulbar Imbau Pemkab Mandirikan PTSP – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Pemprov Sulbar Imbau Pemkab Mandirikan PTSP

FAJARONLINE, POLEWALI — Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) meminta pemerintah kabupaten memandirikan pelayanan terpadu satu pintu (PTSP). Pemandirian itu dengan membuat unit tersendiri.

Asisten Bidang Pembangunan dan Kesra Pemprov Sulbar, Nur Alam Thahir menjelaskan pemda mesti menerapkan PTSP di daerah. “Sesuai kebijakan presiden menerapkan PTSP harus dilakukan di daerah juga sehingga pelayanan perizinan yang biasanya ditangani SKPD beralih ke PTSP,” ujarnya.

Pemprov Sulbar saja lanjutnya, TSP telah diberlakukan. Hanya saja PTSP belum sepenuhnya berdiri sendiri. “Kebijakan pusat jika tak bisa berdiri sendiri biasanya bergabung dengan badan penanaman modal dan pelayanan perizinan terpadu,” katanya.

Bahkan rata-rata di Sulbar, PTSP masih bergadung dengan dinas pendapatan daerah. Demikian pula di Kabupaten Polman. PTSP masih berada dalam Dinas Pendapatan dan Perizinan Daerah. Nur Alam meminta ke depan PTSP bisa dimandirikan.

Sekkab Polman, Andi Ismail, menjelaskan daerahnya telah lama melaksanakan PTSP. Hanya saja kelembagaanya masih berada di Dinas Pendapatan dan Perizinan Daerah. “Kita sudah punya konsep kelembaganya, mudah-mudahan tahun ini target PTSP sudah bisa terwujud,” harapnya. (ham)

loading...
Click to comment
To Top