“Perjanjian Kerjasama Itu Ibaratnya Ijab Qabul” – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

“Perjanjian Kerjasama Itu Ibaratnya Ijab Qabul”

SALATIGA, RAJA – Pemkot Salatiga melalui Bagian Kerjasama Setda Kota Salatiga menggelar Bimbingan Teknis (Bintek) Penyusunan Perjanjian Kerjasama tahun 2015, di Ruang Sidang II Pemkot Salatiga, Rabu (9/9). Sebanyak 60 orang perwakilan dari seluruh SKPD, BUMD, pegawai kecamatan hingga kelurahan se Kota Salatiga mengikuti kegiatan ini. Acara dibuka oleh Staf Ahli Walikota Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Sri Danudjo SE mewakili Walikota Salatiga Yuliyanto SE MM.

Kabag Kerjasama Setda Kota Salatiga Darmono SE mengatakan, perjanjian kerjasama itu layaknya ijab qabul dalam pernikahan. Sehingga, sebelum perjanjian disepakati harus dilakukan perkenalan terlebih dahulu. Siapa yang hendak bekerjasama, bagaimana peraturannya, undang-undangnya seperti apa dan nanti kesepakatannya bagaimana. Jangan sampai ada kesalahpahaman anatar kedua belah pihak dalam menjalin kerjasama.

“Dalam bintek kali ini, sebanyak 60 orang mengikutinya. Mereka merupakan perwakilan dari masing-masing SKPD, BUMD, pegawai kecamatan hingga pegawai kelurahan,” terang Darmono.

Nara sumber dalam acara tersebut, dari Biro Otonomi Daerah & Kerjasama Setda Pemprov Jateng, Sumiati Karim SE Akt MM. Dalam paparannya, Sumiati menyampaikan bentuk kerjasama sesusai dengan UU No 23 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Kerjasama Daerah.

“Kerjasama daerah itu ada tiga yakni kerjasama antar daerah, kerjasama dengan pihak ketiga, serta kerjasama dengan lembaga atau pemerintah daerah di luar negeri,” tandas Sumiati. (hes)

Click to comment
To Top