Produksi Kakao Bulukumba Menurun – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Produksi Kakao Bulukumba Menurun

FAJARONLINE, BULUKUMBA — Kekeringan yang terjadi di Kabupaten Bulukumba menjadi penyebab penurunan produksi kakao di Desa Balleanging Kecamatan Ujungloe. Padahal, kakao merupakan salah satu komuditi andalan warga di desa itu.

Kepala Desa Balleanging Kecamatan Ujungloe, Muh. Syahrir mengungkapkan penurunan produksi kakao di desanya saat ini karena faktor cuaca yang tidak mendukung. Selain itu, serangan hama juga menjadi salah satu faktor terjadinya penurunan produksi kakao.
Dia menjelaskan, kakao warga juga banyak yang tidak menghasilkan buah dan banyak buah kakao yang tidak bisa dipanen. “Buah kakao warga banyak yang hitam dan mengering pada saat isinya belum matang sehingga tidak bisa dipanen,” katanya, Kamis 10 September.
Menurut dia, warga desanya juga mengalami kerugian akibat dampak kekeringan yang terjadi didesanya. Bukan hanya itu, akses air juga menjadi keluhan warganya. Dirinya juga berharap ditahun mendatang tidak terjadi kekeringan yang menyebabkan penurunan produksi kakao warganya.
Salah seorang warga Desa Balleanging Abu mengatakan, saat ini kakaonya banyak yang tidak bisa dipanen karena buahnya sudah kering. “Kalau sudah tua itu kakao, biasa masih bisa dipanen karena masih ada bijinya yang bagus, tapi sekarang banyak yang belum matang tapi sudah mengering,” kata dia. (taq/wik)
loading...
Click to comment
To Top