Relokasi Masjid Merdeka Wonomulyo Diwarnai Protes – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Relokasi Masjid Merdeka Wonomulyo Diwarnai Protes

FAJARONLINE, POLEWALI – Sekelompok warga memprotes relokasi Masjid Raya Merdeka Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polman. Merekan mendatangi DPRD Polman, Kamis 10 September. Rencananya relokasi masjid menghabiskan Rp5 miliar. Lagi pula lokasi relokasi mengambil lahan alun-alun kota Wonomulyo. Masyarakat menilai relokasi itu menghilangkan fungsi dan nilai historis alun-alun.

Koordinator Alinasi Masyarakat Wonomulyo, Kartono menilai relokasi masjid ke alun-alun akan merusak sisi fungsi dan nilai filosofinya. “Kami sangat dekat di alun-alun itu. Pendahulu kita punya konsep tata ruang, mulai letak pendopo, kantor camat, pasar, kantor polisi, masjid, puskesmas, semuanya berdekatan, tiba-tiba masjid direlokasi ke alun-alun. Otomatis satu fungsi berubah,” ujarnya dalam dialog dengan DPRD, dan Pemkab Polman.

Kartono mencontohkan sisi sejarahnya, saat masyarakat protes pada pemerintah, banyak yang akan tumpah di alun-alun dan berjemur. “Di saat itu pula pemerintah mengajak masuk ke pendopo, dan mencairkan suasana. Sekarang fungsi alun-alun mau dihilangkan. Tak ada salahnya bila masjid tetap dibangun di tempat semula, tak usah masuk ke alun-alun,” tuturnya. (ham)

 

To Top