KPU Bulukumba Fokus Garap Pemilih Pemula – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

KPU Bulukumba Fokus Garap Pemilih Pemula

FAJARONLINE, BULUKUMBA — Kegiatan sosialisasi Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bulukumba, seperti yang diagendakan lembaga penyelenggara tersebut lebih fokus pada pemilih pemula.

Divisi Sosialisasi dan SDM KPUD Bulukumba, Hasanuddin Salasa saat ditemui di ruang kerjanya mengatakan, jadwal pelaksanaan untuk sosialisasi belum dirapatkan. Namun rencana aksi sosialosasi pendidikan politik pemilih pemula sesuai UU nomor 8 tahun 2015 dan PKPU nomor 5 tahun 2015 akan menghadirkan calon potensi pemilih pemula tingkat SMA sederajat.

“Sasarannya pemilih pemula karena kesadaran politik yang harus tertanam. Subtansi memikiran misalnya apa tujuan dari memilih serta kewajiban dan hak. Wajib untuk mereka tahu karena pemula merupakan kekuatan NKRI,” jelasnya, Jumat 11 September.

Pihaknya akan memberikan pendidikan politik agar pemilih pemula tahu hak dan kewajiban. Serta memberikan pemahaman bagaimana memilih calon pemimpin yang ideal dan memantapkan indikator pemimpin dari aspek religi, sosial dan lainnya.

“Agar mereka paham siapa yang paling tepat menjadi pemimpin, paling tidak pemimpin itu bisa mengurai masalah.Tentu berdasarkan perspektif masing-masing. Kalau ini dibungkus akan menjadikan peningkatan taraf hidup masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya akan menggelar sosialisasi penyelenggara pilkada sesuai dengan aturan yang ada. Kegiatan ini akan menghadirkan kelompok marginal, komunitas perempuan, warga Lapas, disabilitas, tokoh agama, tokoh masyarakat dan kelompok tani dan nelayan.

Selanjutnya sosialisasi seluruh tahapan baik yang telah maupun yang sedang dan akan dilakukan sesuai PKPU nomor 1 sampai PKPU nomor 12 tahun 2015 dengan sasaran forum pemerintah daerah, parpol dan paslon, Panwaslu serta media. (taq/wik)

loading...
Click to comment
To Top