Kubu AIS Hargai Kerja KPU-Panwaslu – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Kubu AIS Hargai Kerja KPU-Panwaslu

FAJARONLINE, BARRU – Kubu pasangan Andi Idris Syukur-Suardi Saleh (AIS) meyakini penyelenggara pilkada di Barru mampu menjalankan tugas dan tanggung jawab menyukseskan perhelatan suksesi kepemimpinan lokal lima tahunan sekali. Juru Bicara AIS, Arif Saleh menuturkan, pemutakhiran data pemilih yang sedang dijalankan penyelenggara, termasuk tahapan lain, hendaknya dikawal semua pihak tanpa menuding atau mencurigainya secara berlebihan.

Alasannya, baik KPU dan jajarannya maupun Panwaslu diyakini bisa bekerja secara profesional sesuai tupoksinya. “Itulah fungsinya ada panwaslu, dan tim kandidat untuk bersama-sama mengawasi setiap tahapan. Jangan justru mengobral wacana, tahapan pilkada yang dijalankan pilkada menguntungkan kandidat tertentu,” ujar Arif, Jumat 11 September.

Arif sangat menyayangkan ada pihak tertentu yang selalu melempar kecurigaan berlebihan, meski kenyataannya tidak seperti itu. Misalnya, validasi daftar pemilih yang dituding menguntungkan salah satu kandidat. “Baru menjalankan tahapan verifikasi dan pemutakhiran, lalu sudah dituding bermacam-macam dan mengaitkan lagi dengan kandidat. Kan kasihan penyelenggara. Dia sudah berusaha maksimal, tapi diragukan lagi,” papar Arif.

Arif menguraikan, semenjak tahapan pilkada berjalan, pihaknya tidak pernah sama sekali masuk mengintervensi, apalagi sampai menuding secara berlebihan penyelenggara, dengan alasan orang-orangnya punya kredibilitas. Diketahui, kubu kandidat tertentu mencurigai jika ada Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang bisa menguntungkan kandidat lainnya. Padahal, Panwaslu sudah menegaskan jika proses itu belum dimutakhirkan atau difinalkan.

Selain kecurigaan itu, di awal kerja Penjabat Bupati Barru Andi Muh Yamin, juga dicurigai netralitasnya atas pertimbangan punya hubungan kekerabatan dengan istri Idris Syukur, Andi Citta Mariogi. Hanya saja belakangan, kecurigaan itu terbantahkan sendiri, karena Andi Yamin juga punya hubungan kekeluargaan dengan Salahuddin Rum dan Andi Anwar Aksa. (rilis)

loading...
Click to comment
To Top