Paket Kebijakan Ekonomi Belum Berpihak ke UKM – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ekonomi & Bisnis

Paket Kebijakan Ekonomi Belum Berpihak ke UKM

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pengamat ekonomi dari Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia, Dani Setiawan mengapresiasi paket kebijakan ekonomi yang di umumkan Presiden Joko Widodo, baru-baru ini.

Menurutnya, dalam paket yang dinamakan Paket September 1 itu pemerintah telah melakukan identifikasi terhadap struktur masalah yang menyebabkan terhambatnya perekonomian Indonesia yang kemudian menyebabkan tidak siapnya Indonesia menghadapi krisis.

Walau demikian, Dani menyayangkan Paket September pemerintah banyak yang mempermudah masuknya impor barang dan jasa.

“Ada dorongan yang kuat agar negara-negara, termasuk Indonesia melakukan harmonisasi peraturan dan kebijakan di tingkat domestiknya agar memudahkan lalulintas perdagangan barang dan jasa. Baik ekspor maupun impor,” ungkapnya dalam konferensi pers di Kantor KNTI, Menteng, Jakarta, Jumat (11/9).

Dia tegaskan, pelemahan ekonomi tidak hanya terjadi di negara-negara berkembang, melainkan juga terjadi pada negara-negara maju di Eropa dan Amerika. “Jadi mereka (negara-negara maju) sendiri butuh pasar-pasar baru,” jelasnya.

Dia menambahkan, seharusnya pemerintah mendisain paket ekonomi yang lebih memihak kepada usaha kecil menengah sehingga bisa langsung dirasakan dampaknya oleh masyarakat.(sam/rmol)

loading...
Click to comment
To Top