Pelabuhan Tanjung Kendal Harus Lengkap – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Pelabuhan Tanjung Kendal Harus Lengkap

KENDAL, RAJA – Pejabat Bupati Kendal Drs. Kunto Nugroho Hari Putranto, MSi melakukan inspeksi ke Pelabuhan Tanjung Kendal didampingi Kepala Dinas Perhubungan Soebarso, SSos, Rabu (9/9). Dalam kunjungannya, Kunto Nugroho memeriksa sejumlah fasilitas dan memberi masukan terkait persiapan peresmian pelabuhan tersebut.

Kunto menghendaki Pelabuhan Tanjung Kendal sebagai pelabuhan baru harus lengkap dan dapat berfungsi dengan baik serta menjadi pelabuhan yang mendukung program tol laut. Dengan demikian, mampu menjadi pendorong kemajuan perekonomian Indonesia dan Jawa tengah, khususnya Kabupaten Kendal.

Pelabuhan Tanjung Kendal sebagai pelabuhan penyeberangan untuk penumpang, pelabuhan niaga dan salah satu pelabuhan penyeberangan ke kawasan wisata Kepulauan Karimunjawa, sambung Kunto, benar-benar dipersiapkan dengan baik dari segala sisi terutama dari penampilan fisik pelabuhan.

Dia mengatakan, pelabuhan supaya lebih menarik bisa dilengkapi dengan tanaman peneduh dan rumput sehingga menambah kenyamanan bagi para calon penumpang atau pengguna pelabuhan. Selain itu, Kunto menghendaki bagian yang catnya sudah kusam agar dicat kembali dengan warna yang lebih menarik. Marka jalan juga perlu pembenahan supaya tampak jelas dan melancarkan arus keluar masuk pelabuhan.

Terkait dengan operasional pelabuhan, keterpaduan antar instansi terkait dalam pengembangan Pelabuhan Tanjung Kendal diperlukan sebagai penggerak roda perekonomian Kabupaten Kendal dan Jawa Tengah umumnya. Pelabuhan menurut Kunto, memiliki multiplier effect dalam rangka mencapai kesejahteraan masyarakat.

Semua SKPD di Kabupaten Kendal sangat berkepentingan dengan Pelabuhan Tanjung Kendal. Dinas Perindustrian dan Perdagangan bisa mengkordinasikan dan mengelola dari sisi industri dan perdagangannya. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata berkesempatan mengelola kunjungan wisatawan yang berkunjung lewat pelabuhan misalnya kapal pesiar dan menyajikan hiburan untuk wisatawan denga gelar seni budaya Kendal. Hal tersebut mampu menjadi daya tarik dari Pelabuhan Tanjung Kendal dan kunjungan ke Kabupaten Kendal.

Sementara SKPD terkait lain, Dinas Bina Marga berkepentingan memelihara fasilitas infrastruktur pelabuhan seperti jalan dan saluran irigasi dan pembuangan. Dinas Ciptaru bertindak memelihara kebersihan dan keindahan semua fasiltas bangunan pelabuhan.

Untuk menambah daya tarik dan pengenalan akan Pelabuhan Tanjung Kendal kepada masyarakat, menurut Soebarso, S.Sos, akan digelar lomba mancing pada Oktober 2015 di kawasan break water (pemecah ombak). (kdl)

loading...
Click to comment
To Top