Pendidikan Maju, Magelang Jadi Objek Studi banding – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Pendidikan Maju, Magelang Jadi Objek Studi banding

MAGELANG, RAJA – Berbagai prestasi dan penghargaan pendidikan di Kota Magelang menjadi daya tarik bagi daerah lain. Pemerintah Kota Pekalongan bersama Komisi C DPRD setempat,  menimba ilmu terkait strategi dan kebijakan pendidikan di Kota Sejuta Bunga, yang sering meraih sejumlah prestasi.

Kedatangan rombongan dari Kota batik ini diterima oleh Staf Ahli Walikota Bidang Kemasyarakatan & Sumber daya Manusia, Suryantoro, di ruang sidang lantai 2 Setda, Kamis (10/9). Hadir dalam kesempatan itu Plh Kepala Dinas Pendidikan, Sumartono, Kepala SMA Negeri 1 Kota Magelang, Kepala SMP Negeri 1, serta sejumlah pejabat pemkot lainnya.

“Saya dengar Kota Magelang sering mendapat prestasi di pendidikan. Kami sangat tertarik ingin tahu bagaimana upaya pemerintah sini dalam mengelola kebijakan di bidang pendidikan,” kata ketua rombongan, Nurhadi.

Nurhadi mengakui, Kota Pekalongan hingga saat ini masih kurang berprestasi di bidang pendidikan. Oleh sebab itu, pihaknya berinisiatif mengajak eksekutif untuk belajar pengelolaan pendidikan di Kota Magelang.

“Kami juga ingin mengikuti jejak Kota Magelang. Informasi apapun terkait soal pengelolaan pendidikan sangat kami butuhkan, sebagai referensi kami dalam membuat kebijakan,” ujarnya.

Kepala SMA Negeri 1 Kota Magelang, Sucahyo Wibowo, dalam paparannya mengatakan, secara umum pihaknya tidak memiliki upaya khusus untuk menghantarkan sekolah yang ia pimpin sering berprestasi baik di level lokal, regional maupun nasional.

Seperti diketahui, sejak tahun 2013 hingga 2015, sekolah ini selalu menduduki peringkat pertama hasil UN SMA se Jateng untuk program IPS dan IPA. Namun khusus untuk program IPA, tahun ini hanya mempu bertengger di posisi ketiga.

“Prestasi ini bukan hanya dari faktor internal sekolah saja. Justru dukungan dari stake holder terkait sangat membantu dalam menjaga kualitas pendidikan. Misalnya, ada perhatian dari walikota yang sering berkunjung ke sekolah,  mendengar aspirasi pihak sekolah dan mengajak kami sharing,” kata Cahyo.

Sementara itu Kepala SMP Negeri 1 Kota Magelang, Kunadi, menjelaskan sekolah ini tiga kali berturut-turut meraih peringkat satu rata-rata UN tingkat nasional. Bahkan tahun ini, juga mendapat penghargaan sekolah indeks integrasi tertinggi nasional yang diumumkan langsung oleh Mendikbud Anies Baswedan di sekolah setempat.

Menurut Kunadi, prestasi ini bukan tanpa sebab. Pihaknya selalu menjaga kualitas pendidikan melalui berbagai terobosan. Diantaranya, program pembelajaran di luar jam sekolah (jam ke nol), try out untuk kelas 9, treatment kelas 7 dan 8, serta bimbingan belajar persiapan Olimpiade Sains Nasional (OSN). “Kita intens memberikan motivasi untuk mendongkrak prestasi akademis siswa,” ujar Kunadi.

Plh Kepala Disdik, Sumartono mengemukakan, Pemkot sangat serius mengelola pendidikan sebagai aset kota jasa. Berbagai dukungan terus diberikan, seperti pemenuhan sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh pihak sekolah, serta kebutuhan lainnya. “Kita selalu upayakan untuk mencukupi kebutuhan dari masing-masih sekolah di Kota Magelang,” ungkapnya. (mgl)

loading...
Click to comment
To Top