Pengamat: SYL Masuk, Posisi Amran Sulaiman Terancam – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Pengamat: SYL Masuk, Posisi Amran Sulaiman Terancam

FAJARONLINE, MAKASSAR — Kehadiran Surya Paloh pada panen raya Pemerintah Provinsi Sulsel dua hari lalu, memunculkan berbagai spekulasi pada kalangan intelektual dan akademisi di Makassar. Ada yang menyebut sebagai sinyal Surya Paloh melobi Syahrul Yasin Limpo masuk bursa reshuffle jilid II pemerintahan Jokowi-JK. Spekulasi lain Menteri Pertanian Amran Sulaiman terancam dicopot digantikan Syahrul Yasin Limpo.

Pengamat Komunikasi Politik Universitas Hasanudidn (Unhas) Iqbal Sulthan menilai, ada dua unsur muatan politik yang dibangun Syahrul Yasin Limpo dan Surya Paloh yang juga salah satu penentu kabinet Jokowi-JK. “Kalau saya melihat ini cara komunikasi politik yang dilakukan dua senior partai Golkar, baik Syahrul maupun Surya Paloh. Amatan saya, Surya merupakan utusan pemerintah melakukan lobi ke Syahrul dapat masuk jajaran kabinet kerja Jokowi-JK,” ujar Iqbal Sulthan, Jumat 11 September.

Kemasan komunikasi politik dalam kegiatan pertanian sebagai sinyal jika posisi yang ditawarkan ke Syahrul dalam kabinet kerja menggeser posisi Amran Sulaiman yang saat ini menjabat Menteri Pertanian. Keberhasilan SYL dalam menjalankan roda pemerintahan termasuk stabilitas ekonomi memang sudah diakui banyak pihak. Sebelum Surya Paloh memuji kinerja SYL, Presiden Jokowi pun beberapa waktu lalu juga kagum akan kerja Syahrul YL saat melakukan ekspor komoditi ke 20 negara saat bangsa Indonesia diterpa tekanan ekonomi. “Ini keberhasilan yang diraih SYL dalam membangun Sulsel. Komunikasi yang dilakukan antara Syahrul dan Surya Paloh bisa dibaca oleh publik bahwa ada keinginan Jokowi mengajak Syahrul masuk dalam kabinet kerja,” katanya. (rilis)

loading...
Click to comment
To Top