Pj. Bupati Barru Sidak BPBD – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Pj. Bupati Barru Sidak BPBD

FAJARONLINE, BARRU — Penjabat Bupati Barru A. Muh Yamin melakukan inspeksi mendadak (Sidak) terkait kesiapan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Barru dalam mengatasi penanggulangan bencana sekaligus mengecek sarana prasarana yang dimiliki.

Kehadiran Pj. Bupati A. Muh Yamin yang didampingi Asisten Administrasi Pemerintahan, Baharuddin dan Kadis Perhubungan & Infokom, Abu Bakar, Jumat  siang 11 September,  di Kantor BPBD Barru disambut Kepala Pelaksana BPBD Barru Djadir Zainuddin.

Dalam sidak tersebut A. Muh Yamin berharap kepada BPBD Barru agar dalam menghadapi bencana, sedini mungkin bisa dilakukan pencegahan. Artinya bagaimana cara kita mengantisipasi bencana itu sendiri. Tentunya harus ada koordinasi yang baik bagi seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) agar semua pihak bisa mengerti bagaimana melakukan antisipasi bencana, bagaimana saat bencana dan pemecahan apa pasca bencana.

“Semua harus dikoordinasikan dengan baik. Kesiap-siagaan itu mutlak dilakukan sehingga ada sinergi dalam pergerakan. Begitu ada masalah, segera ada solusi, langsung ada respon. Tidak ada alasan untuk tidak berkoordinasi ” Ujar A. Muh Yamin.

Lebih lanjut Kepala BKPMD Provinsi Sulsel ini juga meminta untuk memaksimalkan potensi dan daya yang dimiliki sekarang. Pemetaan daerah rawan bencana harus ada. Pemetaan kondisi bencana juga harus jelas.

” BPBD harus membangun sistem informasi yang baik, agar gerakan-gerakan yang ada bisa tepat dan terarah. Semua harus jelas, mana yang rawan, mana yang telah terjadi dan langkah-langkah apa yang telah diambil ” ujarnya.

Sementara itu Kepala Pelaksana BPBD Barru Djadir Zainuddin mengatakan, saat ini sarana dan prasarana dalam mengatasi dan mencegah bencana sudah disiapkan. Seperti logistik, kendaraan, dan personil siaga bencana.

” Posko Siaga Bencana 24 jam penuh. Personil siaga bencana selain dari BPBD sendiri juga dibantu dari Relawan Tagana yang siap memberikan pelayanan kepada masyarakat ” katanya.

Djadir juga menyampaikan harapannya bahwa ketika terjadi bencana, peran semua pihak, seluruh SKPD, masyarakat, dunia usaha dan lainnya untuk ikut membantu dalam hal pencegahan.

” Artinya ke depan koordinasi dengan semua stakeholder terkait perlu ditingkatkan, sehingga sedini mungkin kita dapat mencegah hal-hal yang tidak kita inginkan,”. Jelasnya. (*/wik)

loading...
Click to comment
To Top