Setelah Loyo, Apakah Tren Batu akan Kembali Pulih? – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hiburan

Setelah Loyo, Apakah Tren Batu akan Kembali Pulih?

TREN Batu Akik saat ini masuk masa kritis. Para pedagang jor-joran menjual batunya dengan harga miring. Meski turun harga melebihi 50 persen, tetap saja batunya tidak laku. Ada apa?

Maka dipastikan, tren batu akik benar-benar loyo. Hal ini dipengaruhi berbagai faktor, termasuk ekonomi Indonesia yang masuk lampu merah.

Yang menjadi pertanyaan apakah tren batu bisa kembali pulih? Jawabannya bisa iya bisa juga tidak. Hanya saja yang perlu diketahui bahwa, komunitas batu akik, khususnya yang telah menggelutinya selama bertahun-tahun tidak pernah hilang.

Mereka tidak pernah terpengaruh dengan ren batu, apakah naik atau menurun tetap saja mereka adalah gemslover. Kebanyakan dari mereka terdapat di wilayah Jakarta dan Pulau Jawa. Juga sebagian Sumatera.

Komunitas batu akik yang terdapat di wilayah Jakarta dan berbagai daerah di Pulau Jawa serta Sumatera adalah komunitas lama, yang menyukai batu akik sebelum ngetren. Hanya saja jumlahnya sedikit.

Hal ini yang akan membuat jualan batu akik tetap laku, meski mengalami penurunan yang tajam. Di Jakarta sendiri, warga Betawi pada umumnya adalah gemslover.

Mereka menyukai batu bahkan ada yang sejak SMP, dan sampai batu akik membomong mereka tidak kaget lagi. Orang tua warga Betawi juga rata-rata menyukai batu akik, bahkan sejak puluhan dan ratusan tahun silam.

Dengan demikian tren batu bisa saja menghilang, namun komunitas batu akik tetap ada. Pedagang batu akik bisa berkurang, tapi gemslover tetap bertahan. (**)

Click to comment
To Top