Warga Tiongkok Jadikan Indonesia Basis Sindikat Cyber Crime – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Warga Tiongkok Jadikan Indonesia Basis Sindikat Cyber Crime

JAKARTA – Sepanjang tahun 2015 ini, pihak Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM bersama aparat kepolisian telah menangkap 199 orang warga negara asing (WNA) yang diduga sebagai anggota sindikat cyber crime. Berdasarkan hasil identifikasi, WNA yang tertangkap itu semuanya berasal dari Tiongkok dan Taiwan.

“Sindikat cyber crime hanya menjadikan Indonesia sebagai basis operasi. Sedangkan tindak kejahatan sendiri dilakukan terhadap warga negara asal mereka yakni Tiongkok dan Taiwan,” kata Kepala Bagian Humas Ditjen Imigrasi Heru Susanto dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta, Jumat (11/9).

Menurut Heru, kejahatan tersebut dilakukan secara terorganisir dan melintasi batas negara dengan modus melakukan penipuan kepada warga negara asal Tiongkok dan Taiwan.

Saat ini, menurut Heru, Ditjen Imigrasi bersinergi dengan Polri untuk melakukan pendalaman seputar sindikat cyber crime di Indonesia. Dia berharap kerjasama ini dapat membongkar jaringan pelaku cyber crime sampai ke akar-akarnya.

“Kami memetakan dan menjabarkan bagaimana operasional organisasi ini serta menyingkap siapa saja yang terlibat sampai dalangnya guna memformulasikan langkah antisipasi,” tegas Heru.(dil/fri/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top