AIS Klaim Penerangan di Barru Makin Membaik – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

AIS Klaim Penerangan di Barru Makin Membaik

FAJAR.CO.ID, BARRU — Penerangan di Barru perlahan sudah dinikmati masyarakat. Jika dulunya di wilayah kota dan ibu kota kecamatan, lampu jalannya sangat terbatas, maka beberapa tahun terakhir, wilayah tersebut lebih hidup dan tidak lagi gelap gulita.

Di ibu kota kabupaten misalnya, di sepanjang jalan protokoler dihiasi dengan lampu penerangan yang berdiri kokoh di bagian tengah jalanan. Sementara di ibu kota kecamatan, sebagian menggunakan lampu jalanan bertenaga surya, masing-masing sekitar satu kilometer.

Tidak hanya kebijakan itu, selama Idris Syukur menjadi Bupati Barru di periode pertama, 2010-2015, semua desa sudah bisa dialiri listrik, dan sisa sebagian kecil lagi dusun yang tidak menikmati aliran listrik.

Mantan anggota DPRD Barru, Yusri mengatakan, meski pasokan listrik di Barru sangat terbatas, namun di masa kepemimpinan Idris, berhasil melobi Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk menambah pasokan.

“Kita patut mengapresiasi itu, karena di era Pak Idris lah, penerangan lampu jalan mulai kita nikmati di wilayah perkotaan, dan ibu kota kecamatan,” kata Yusri, Sabtu (12/9).

Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini menuturkan, menambah pasokan listrik di Barru merupakan kendala pemerintahan sebelumnya. Apalagi, banyak desa yang kini sudah bisa menikmati aliran listrik, wilayahnya berada di pegunungan.

“Memasukkan aliran listrik ke desa-desa, itu biayanya tidak sedikit. Selain tiang dan penarikan kabelnya, juga meterannya terbatas. Tapi kita bersyukur, kebutuhan warga itu bisa dipenuhi Pak Idris, meski masih ada sebagian dusun belum dialiri,” kata Yusri.

Sekadar perbandingan, untuk memasukkan aliran listrik ke desa-desa, anggarannya bisa sampai dua kali lipat jika hanya membangun jalan. Sebab, biaya yang dibutuhkan untuk satu kilometer, setara bila membangun jalan dua kilometer.

Khusus dusun yang belum dimasukkan aliran listrik, Idris sudah mencanangkan di periode pertama, dan sisa ditindaklanjuti lagi jika nantinya kembali terpilih memimpin kabupaten yang pelayanan publiknya sudah diakui dunia tersebut. (rilis)

loading...
Click to comment
To Top