Menilai Guru Bawahannya, Kemampuan Kepala Sekolah Masih Rendah – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Menilai Guru Bawahannya, Kemampuan Kepala Sekolah Masih Rendah

FAJARONLINE, PANGKEP – Sebagian besar kepala sekolah selama ini kurang bisa menilai kinerja gurunya, sehingga banyak yang tidak mengetahui tingkat kemampuan guru dan apa-apa yang dibutuhkan guru untuk meningkatkan kemampuannya. Itu di ungkapkan Provincial Coordinator USAID PRIORITAS Sulawesi Selatan, Jamaruddin disela-sela pelatihan Penilaian Kinerja Guru untuk 30 kepala sekolah di Pangkep 12-13 September.

“Ini terlihat jelas dari nilai hasil Uji Kompetensi Kepala Sekolah (UKKS) secara nasional yang dikeluarkan oleh Kemendikbud 2015. Dimensi yang paling rendah terletak pada nilai supervisi yaitu 36,45. Pengamatan kami, nilai ini benar-benar tercermin di lapangan,” ungkapnya.

Menurut Jamaruddin, ada tiga hal yang menyebabkan kemampuan kepala sekolah dalam melakukan supervisi masih sangat rendah. Pertama pemahaman terhadap instrumen penilaian kinerja guru tidak tuntas. Kedua, Waktu penilaian tidak kontinyu. Ketiga, pengawasan ketika menilai guru tidak komprehensif.

“Yang terlihat, mereka seringkali menggunakan jurus sapu jagat. Kalau guru sudah rajin masuk mengajar, maka semua nilai yang lain baik, sehingga kita tidak tahu kebutuhan pelatihan apa yang perlu diberikan pada guru sesuai dengan kelemahannya tersebut,” akunya. (ris)

loading...
Click to comment
To Top