Pemerintah Segera Bagikan Rastra ke-13 dan 14 – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Pemerintah Segera Bagikan Rastra ke-13 dan 14

TEMANGGUNG – Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) dalam waktu dekat segera membagikan rastra (beras sejahtera) yang dulu lebih dikenal dengan beras untuk orang miskin (raskin) ke-13 dan 14. Pembagian tersebut merupakan salah satu paket kebijakan ekonomi yang baru saja diumumkan oleh Presiden Jokowi.

Ditemui sesuai membagikan Rastra ke-13 kepada keluaraga penerima manfaat di Kelurahan Banyuurip, Kecamatan Temanggung, Kabupaten Temanggung Sabtu (13/9) petang, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan sesuai jadwal rastra ke-13 akan dibagikan serentak pada bulan September ini, sedangkan rastra ke-14 akan dibagikan pada November mendatang.
“Sebagaimana yang ada di dalam paket kebijakan ekonomi yang diumumkan oleh Presiden Jokowi, salah satunya adanya dua kali tambahan rastra ke-13 dan 14. Ke-13 akan dibagikan September sedangkan ke-14 pada November mendatang,” terangnya.
Mensos menjelaskan secara total nasional ada selitar 15,5 juta keluarga penerima manfaat rastra, dan masing-masing keluarga nantinya akan penerima 15 kilo beras sejahtera.
“Rastra ini adalah bentuk bantalan sosial dari APBN bagi 25 persen masyarakat yang kurang mampu, bentuk lainnya adalah PKH (progam keluarga harapan) untuk 8 persen keluarga dengan status ekonomi terendah,” jelasnya.
Khofifah menjelaskan untuk PKH bulan Agustus lalu sudah cair Rp2,4 trilyun untuk 2,8 juta keluarga dengan status ekonomi terendah.
Terkait stok beras bulog untuk rastra, Mensos menjamin bawah stok beras aman hingga bulan Febuari tahun depan. “Pada bulan Agustus kemarin stok beras di Bulog secara nasional mencapai 1,7 juta ton, itu aman hingga bulan Febuari, ditambah lagi ada beberapa daerah yang saat ini sedang panen raya seperti di Sumatera Barat, Sumatera Utara dan panen raya di berbagai daerah di Jateng, Jatim, jadi sangat aman untuk stok beras,” pungkasnya. (din)

Click to comment
To Top