Pemprov Jateng Gelar Rakor Peningkatan Kualitas Tenaga Kerja di Salatiga – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Pemprov Jateng Gelar Rakor Peningkatan Kualitas Tenaga Kerja di Salatiga

SALATIGA – Dalam rangka peningkatan kualitas dan produktivitas tenaga kerja dan mendorong munculnya lembaga sertifikasi profesi di berbagai sektor. Pemprov Jateng melalui Biro Bina Sosial Setda Provinsi Jawa Tengah menggelar rapat koordinasi dengan seluruh kabupaten/kota, di Ruang Sidang II Pemkot Salatiga, belum lama ini.

Dalam rakoord ini diikuti Dinas Pendidikan, Dinas Ketenagakerjaan, Bagian Kesra dari 35 kabupaten/kota se Jawa Tengah. Selain itu, perwakilan dari Serikat Pekerja Nasional (SPN) Jawa Tengah serta beberapa perwakilan serikat pekerja BUMN dan BUMD.
Kepala Bagian Kesehatan, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Biro Bina Sosial Setda Provinsi Jawa Tengah, Sigit Setya Boedi menyatakan, bahwa masalah utama dalam ketenagakerjaan di Jawa Tengah adalah kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Dari data BPS hingga Februari 2015 jenjang pendidikan SD masih mendominasi jumlah penduduk yang bekerja yaitu sekitar 9,39 juta orang (54,19%) sedangkan pendidikan SMA sekitar 3,45 juta orang (19,91%).
“Selain itu, di Jawa Tengah ini masih kurang tenaga kerja yang bersertifikasi. Hingga pertengahan tahun 2015 ini, jumlah tenaga kerja di Jateng yang telah bersertifikasi kurang lebih ada 264.359 orang. Untuk itu, kami mengajak kepada seluruh pemkab/pemkot di Jateng ini untuk mendorong munculnya lembaga sertifikasi di berbagai sektor di Jawa Tengah,” jelas Sigit Setya Boedi.
Dalam acara ini, hadir sebagai nara sumber Kepala Bidang Pelatihan Kerja dan Produktivitas pada Dinakertransduk Jateng (Agus Sutrisno), Ketua Badan Koordinasi Sertifikasi Jateng (Hertoto Basuki) dan Sekretaris DPP APINDO Jateng (Royke Jonan). Acara tersebut dibuka langsung oleh Daryadi SH, Asisten Setda Kota Salatiga. (hes)

To Top