Penyerapan Dana Desa di Sulsel Capai 70 Persen, Mendes Puas – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ekonomi & Bisnis

Penyerapan Dana Desa di Sulsel Capai 70 Persen, Mendes Puas

FAJARONLINE, MAKASSAR –  Menteri Desa (Mendes), Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar mengapresiasi kinerja pemerintah kabupaten, kecamatan, dan aparat desa di Maros, yang dianggapnya mampu bekerja baik sehingga penyerapan dana desa sudah hampir mencapai 100 persen.

Dalam diskusi dengan aparat desa se-Kabupaten Maros, Mendes Marwan Jafar mendapat laporan desa-desa di Butta Salewangeng  sudah hampir 80 persen bisa menyerap dana desa. Sedangkan daya serap dana desa di Provinsi Sulsel sudah mencapai 70 persen.

Angka penyerapan itu termasuk bagus mengingat selama ini banyak desa di daerah lain yang penyerapan dana desanya masih sangat kecil, meski sudah dicairkan dari pusat ke kas kabupaten/kota. “Saya sangat apresiasi aparat  desa, kecamatan dan Pemkab Maros, serta kabupaten lain di Sulawesi Selatan.

Provinsi ini penyerapan dana desa sudah mencapai 70 persen,” ujar Menteri Marwan saat berdialog dengan para kades di Maros, Minggu 13 September.

Menteri Marwan menambahkan, dana desa sudah bisa digunakan untuk program-program yang memang sebenarnya bisa dilakukan segera. Misalnya membangun atau membenahi jalan desa, irigasi, pengadaan air, dan sebagainya. Dana desa tidak boleh buat bangun tempat ibadah ataupun bangun kantor desa.

Namun kalau sudah ada yang terlanjur, akan dievaluasi saja. Menteri dari PKB ini sangat yakin dalam satu atau dua minggu ke depan penyerapan dana desa akan meningkat pesat, menyusul akan disahkannya Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga menteri yang akan diumumkan pada Senin esok (14/9). Surat itu ditandatangani Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi, Menteri Dalam Negeri, dan Menteri Keuangan. (rilis)

loading...
Click to comment
To Top