Buka Situs Video ‘Gituan’ di Facebook, Password Anda Bisa Dicuri – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Teknologi

Buka Situs Video ‘Gituan’ di Facebook, Password Anda Bisa Dicuri

FAJARONLINE – Berhati-hatilah jika membuka foto esek-esek di Facebook. Sebab, foto tersebut merupakan virus yang bisa mencuri password akun Facebook Anda.

Foto esek-esek ini meresahkan jutaan pengguna Facebook selama beberapa bulan terakhir. Tak sedikit pengguna Facebook yang tertipu dan menjadi korban penyebaran foto bugil tersebut. Sejumlah pengguna Facebook bahkan saling serang di dunia maya lantaran merasa dikirimkan foto bugil oleh teman Facebooknya.

Contoh kasus, si A menerima foto bugil dari si B. Padahal, si B merasa tidak pernah mengirimkan foto bugil kepada si A. Akhirnya, si A dan si B terlibat pertengkaran. Padahal, pengirim foto bugil itu adalah virus yang menyerang akun si B dan si A.

Foto esek-esek ini merupakan virus dari Vietnam bernama Rose. Teror foto esek-esek ini mampu mengambil password para korbannya. Virus Vietnam Rose terbagi dalam dua jenis serangan, pertama berupa gambar esek-esek yang kemudian ditautkan dengan situs untuk mengunduh malware.

Kedua, gambar esek-esek yang berisi virus Vietnam Rose ditautkan ke situs palsu yang dirancang untuk mencuri password pengguna. Saat diklik gambar tersebut akan mengantarkan pengguna Facebook ke situs tertentu, tapi situs yang dituju akan menampilkan pesan error.

Adapun virus lainnya adalah video hubungan ML antara ibu dan anak. Link video ini disebar di facebook. Maka jangan dibuka, sebab jika diklik maka secara otomatis password anda akan dicuri.

Situs eror itu akan menginformasikan adanya kesalahan yang meminta pengguna untuk kembali melakukan login. Pengguna Facebook yang tidak sadar menjadi korban, akan menuruti perintah tersebut.

Padahal tanpa sadar pengguna Facebook akan dibawa ke situs yang tampilannya dibuat semirip mungkin dengan halaman resmi Facebook. Di situlah akun pengguna Facebook dicuri, sehingga akun tersebut bisa menyebarlan virus foto esek-esek ke akun lain. Padahal, si pengguna Facebook merasa tidak pernah mengirimkan foto esek-esek itu ke pengguna Facebook lain.

Virus ini bukan hal baru. Pada akhir 2014 lalu, Gadis Mabuk juga banyak memakan korban, khususnya di Indonesia. Kendati virus itu mirip, tapi virus Vietnam Rose lebih ganas. Sebab, virus ini datang dalam bentuk sharing posting di wall Facebook pengguna dan grup yang ia ikuti.

Sekali berhasil menguasai satu akun Facebook, virus ini akan memposting gambar porno melalui akun korban secara terus menerus. Dalam sehari bisa mencapai lima sampai 10 posting foto bugil.

“Dibanding gadis mabuk, Vietnam Rose jauh lebih berbahaya. Bisa dibilang sembilan banding satu,” kata Alfons Tanujaya, Antivirus Expert dari Vaksincom.

“Korban di Indonesia sekitar 5 ribu akun dengan 100 ribu lebih postingan,” tambahnya. (one/ags)

loading...
Click to comment
To Top