Data ICW: Ada 212 Pejabat di Kementrian dan Pemda Lakukan Korupsi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Data ICW: Ada 212 Pejabat di Kementrian dan Pemda Lakukan Korupsi

JAKARTA- Indonesia Corruption Watch (ICW) mencatat ada 212 pejabat atau pegawai Kementerian dan Pemda melakukan tindak pidana korupsi. Pekerjaan dengan latarbelakang pejabat adalah yang paling banyak melakukan kejahatan luar biasa tersebut.

“Latar belakang tersebut (pejabat)  adalah aktor paling banyak terjerat kasus korupsi,” ungkap peneliti ICW, Wana Alamsyah, kepada wartawan di Jakarta, Senin (14/9).

Lalu, tambahnya, di urutan kedua ada 97 kasus korupsi yang dilakukan pihak swasta, mulai dari direktur, komisaris, konsultan dan pegawai swasta. Kemudian 28 orang berlatar belakang kepala desa, camat dan lurah.

Bukan hanya itu, korupsi juga dilakukan oleh lurah, kepala desa, camat  setidaknya ada 28 orang yang terjerat kasus korupsi, 27 orang kepala daerah,  kepala dinas 26 orang, anggota DPR, DPRD dan DPD sebanyak 24 orang.

Kemudian, 12 orang dari kalangan pejabat atau pegawai lembaga negara lain, 10 dar lembaga negara lain seperti direktur, pejabat, dan pegawai BUMN dan BUMD, serta 10 orang dari lingkungan kelompok masyarakat, dari pejabat atau pegawai bank 10 orang.

Dari data ICW, modus yang sering digunakan oleh tersangka korupsi adalah penggelapan.

“Meskipun kasus yang termasuk infrastruktur tergolong lebih rendah dari non infrastruktur, tapi kerugian negara yang ditimbulkan hampir dua kali lipatnya,” tukas Wana.[dem]

loading...
Click to comment
To Top