Dewan Kritisi Serapan Anggaran di Temanggung Baru 54 Persen – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Dewan Kritisi Serapan Anggaran di Temanggung Baru 54 Persen

TEMANGGUNG – DPRD Kabupaten Temanggung kembali mengkritisi kinerja eksekutif terkait masih rendahnya serapan APBD 2015. Hingga awal September ini serapan anggaran baru sebesar 54 persen.

Dalam pandangan umumnya saat sidang paripurna DPRD dengan agenda pembahasana anggaran perubahan, Senin (14/9) kemarin, Fraksi PKB yang dibacakan oleh Muh Amin mengungkapkan agar Pemerintah Kabupaten Temanggung segera melakukan upaya-upaya yang nyata terkait serapan anggaran yang masih rendah.
“Jika sampai akhir tahun anggaran masih banyak yang belum terserap, maka kegiatan-kegiatan yang sudah dianggarkan bisa tidak dilaksanakan. Hal ini berdampak pada kerugian yang akam ditanggung Pemda dan masyarakat,” katanya.
Ia menambahkan, jika hal tersebut tidak segera dibenahi dan apabila nantinya ada keterlambatan penyerapan anggaran, maka akan berdampak pada pengurangan pagu dana alokasi khusus (DAU) tahun 2016.
Muh Amin mengukapkan salah satu sebab rendahnya serapan anggaran dalam APBD terjadi karena regulasi yang tidak jelas dan terus berubah-ubah. Kondisi ini amat membingungkan, sehingga FPKB menyarankan, pihak Pemda agar lebih aktif melakukan koordinasi dan konsultasi dengan pemerintah pusat.
“Salah satu contohnya adalah belanja hibah dan bantuan sosial (bansos) yang tidak bisa dilaksanakan, sebaiknya tidak diusulkan dalam APBD dulu, sembari menunggu payung hukum jelas,” terangnya.
Hal senada juha diungkapkan oleh Fraksi Nasdem lewat juru bicaranya Siti Suaibah,yang meminta agar pemerintah daerah segera mencari solusi pemecahan agar hibah uang dan barang segera bisa disalurkan pada pasyarakat.
“Agar diingat bahwa sekarang ini masyarakat dan pemborong sudah menunggu realisasi dana hibah itu, jadi segeralah dicarikan solusi untuk memecahkan masalah ini,” ujar Siti. (din)

loading...
Click to comment
To Top