Guru Besar UIN Makassar Beber Tiga Kelemahan Arab Saudi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Guru Besar UIN Makassar Beber Tiga Kelemahan Arab Saudi

FAJARONLINE, JAKARTA- Musibah robohnya crane di Mesjidil Haram, jadi kritik besar untuk pemerintah Arab Saudi. Guru besar UIN Makassar, M. Qasim Mathar mengungkapkan,  musibah crane adalah satu dari tiga kelemahan negara kaya minyak itu dalam menggunakan pengaruhnya.

Pertama, Arab Saudi gagal menjadi pemimpin dalam penyelesaian konflik antar negera-negara arab. Kedua, Negara ini gagal bersikap terbuka atas pengungsi-pengungsi dari wilayah arab. Berbeda dengan Jerman yang mau menampung para. Pengungsi.

Ketiga, kata Mathar,  Arab Saudi tidak mampu menyiapkan infrastruktur yang aman dari terjangan badai. “Karena kelemanhan ini, terjadi musibah jatuhnya crane dan menelan ratusan korban jiwa,” terang Mathar, Senin (14/9).

Menurutnya, kemampuan ekonomi negara ini tidak diragukan lagi. Warga Arab mampu membeli fasilitas rumah tangga paling moderen sekalipun.

Bahkan, pembangunan infrastruktur termegah juga dimiliki negara ini. Terbaru, Arab mengkucurkan anggaran Rp 91 triliun untuk pembangunan fasilitas Mesjidil Haram agar bisa menampung satu juta jamaah haji.

“Namun ironis, meski memiliki kekayaan, Arab Saudi masih lemah untuk tiga masalah diatas. Uang banyak dan kaya raya belum tentu jadi negaranya adikuasa” simpul Mathar. (FO)

 

loading...
Click to comment
To Top