Ini Curhat Pelaku Jasa Logistik ke Pemerintah – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Ini Curhat Pelaku Jasa Logistik ke Pemerintah

MAKASSAR, FAJARONLINE — Para pelaku usaha di sektor pelabuhan meminta paket kebijakan baru Presiden Jokowi-JK, khususnya terkait deergulasi dan debirokratisasi sejumlah aturan, bisa segera diwujudkan. Itu demi mendukung upaya menurunkan biaya logistik.
Itu disampaikan para pelaku usaha, dalam Focus Group Discussion yang digelar KPPU (Komisi Pengawasan dan Persaingan Usaha), di Hotel Aryaduta, Senin 14 September .
“Kita sambut baik paket kebijakan yang baru ini. Persoalan perizinan yang terlalu lama, khusus proses birokrasi barang-barang yang masuk pelabuhan, harus bisa diselesaikan,” jelas Ketua Umum DPW ALFI (Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia), Syaifuddin Saharudi.
Dia bercerita, sektor usaha logistik saat sampai saat ini belum menikmati untungnya yang besar. “Malah semakin berat, karena ongkos logistik semakin mahal. Jalan-jalan yang semakin padat kendaraan, membuat mobil kita lama di jalan. Penyedia pelabuhan juga cenderung menaikkan tarif secara sepihak tanpa pertimbangan penyewa,” jelas dia.
Belum lagi, di era MEA, perusahaan logistik berskala internasional seperti Maersk Line, akan masuk ke Indonesia, dan merebut pasar perusahaan logistik lokal yang rata-rata cuma sekelas UMKM.(sbi)‎
loading...
Click to comment
To Top