Jelang Idul Adha, Peredaran Daging Sapi Tetap Stabil – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Jelang Idul Adha, Peredaran Daging Sapi Tetap Stabil

SALATIGA – Pasokan daging sapi di sejumlah pasar di Kota Salatiga kembali normal bahkan harganya menjadi stabil. Kini, harga daging sapi kualitas nomor satu menjadi Rp 100.000 per kilogramnya. Dan untuk nomor dua seharga Rp 90.000 per kilogram. Sebelumnya, ketika pasokan langka harganya sebesar Rp 120.000/Kg untuk kualitas nomor satu dan Rp 110.000/Kg kualitas nomor dua.

Tumi (50), salah seorang pedagang daging sapi di Pasar Raya Salatiga mengatakan, bahwa pasokan daging sapi mulai normal kembali itu terjadi sejak dua minggu ini. Sekarang ini, stok hewan sapi potong di pasaran sudah banyak sehingga rumah pemotongan hewan (RPH) tidak lagi mengalami kesulitan untuk mendapatan stok.
“Selain pasokan sudah normal dan harganya pun telah normal kembali atau stabil. Tiap hari, rata-rata saya dapat menjual daging sapi mencapai 100 kg,” kata Tumi kepada Rakyat Jateng (Fajar Grup), Senin (14/9).
Hal yang sama dikatakan pedagang yang lain, Siti M (52). Dikatakan, bahwa daging sapi di sejumlah pasar di Salatiga ini rata-rata dipasok dari wilayah Kabupaten Boyolali dan daerah lain. Hal ini, karena Boyolali banyak sentra sapi potong sehingga memiliki banyak stok.
Terkait menjelang peringatan Hari Raya Idul Adha, agenda ini tidak terlalu berpengaruh akan peredaran daging sapi. Dari pengalaman tahun sebelumnya, stok daging sapi biasa saja dan tetap aman dan pasokan tidak ada perubahan yang signifikan.
“Untuk masalah harga tetap stabil dan sekali lagi Idul Adha tidak terlalu berpengaruh terhadap peredaran daging sapi di pasaran,” tandas Siti. (hes)

loading...
Click to comment
To Top