Mantan Ketua MK Tawarkan Solusi untuk Calon Tunggal. Bukan Mencegat, Tapi Lakukan ini – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Pilkada

Mantan Ketua MK Tawarkan Solusi untuk Calon Tunggal. Bukan Mencegat, Tapi Lakukan ini

JAKARTA – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Hamdan Zoelva menilai, perlu ada terbosan hukum menyikapi fenomena calon tunggal yang terjadi dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2015. Apalagi jika fenomena terjadi karena ada niat pihak tertentu menjegal salah satu pasangan calon.

“‎Saya tidak tahu pandangan MK ya, tapi kalau pandangan saya harus dilihat latar belakang calon tunggal. Kalau latar belakangnya menjegal satu pasangan yang akan menang, itu harus ada jalan keluar,” ujar Hamdan, Senin (14/9).

Menurutnya, terobosan kebijakan yang dapat diambil dengan tetap menyelenggarakan pilkada. Caranya lewat pola kotak kosong, atau KPUD dapat langsung menetapkan calon tunggal sebagai pemenang pilkada.

Cara ini dinilai jauh lebih baik, dari pada harus menunda pelaksanaan pilkada hanya karena calon yang mendaftar cuma satu pasangan.

‎”Jalan keluarnya tidak perlu menunggu seperti undang-undang yang ada sekarang. Alternatifnya dilaksanakan pemilihan dengan kotak kosong atau langsung disahkan saja sebagai pemenang,” ujar Hamdan.

Hamdan mengaku menetapkan calon tunggal sebagai pemenang pilkada jauh lebih baik, agar jangan sampai hak seseorang dirugikan hanya karena pihak lain tidak ada yang mau mendaftar.

“‎Kalau saya sih langsung sah kan saja sebagai pemenang. Jangan sampai dirugikan haknya karena sementara yang lain tidak mendaftar,” ujar Hamdan. (gir/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top