Astagfirullah…!! Ketua NU Sebut Makin Panjang Jenggot, Orang Semakin Goblok? – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Astagfirullah…!! Ketua NU Sebut Makin Panjang Jenggot, Orang Semakin Goblok?

FAJAR.co.id, JAKARTA-Tokoh Nahdlatul Ulama (NU), Kiai Haji Sholahudin Wahid mengaku sudah mendengar ceramah yang konon diberikan Ketua Umum PB NU, Kiai Haji Said Aqil Siradj.

Dalam ceramah yang diunggah melalui video itu, terdengar suara yang diduga Said Aqil menghujat orang berjenggot sebagai orang yang bodoh. Ini link videonya:

Sholahudin tidak berani memastikan apakah suara itu milik Said Aqil Siradj. “Saya sudah dengar itu di Youtube. Tetapi apakah suara tersebut adalah suara Pak Said, saya tidak bisa memastikannya. Di Youtube hanya terdengar suara rekaman saja dan tidak ada gambarnya. Itu harus dibuktikan dengan alat tertentu,” kata pria yang akrab disapa Gus Sholah, ketika dihubungi, Senin (14/9).

Cucu pendiri NU ini memastikan bahwa pertemuan yang digelar di Pondok Pesantren, Tebu Ireng, Jombang, Jawa Timur tidak membahas masalah ceramah itu.

“Kalau rapat itu membahas masalah dugaan penyimpangan ajaran NU. Ini panjang dan tidak mungkin saya ceritakan. Yang jelas bukan masalah video di Youtube,” tegasnya.

Gus Sholah juga enggan mengomentari isi ceramah itu. Menurutnya apa yang diungkapkan adalah pandangan dari orang tersebut. “Itu kan pandangan pribadi, yah silakan saja. Masalah bisa diterima apa tidak pendapatnya, kan tergantung pandangan masing-masing,” pungkasnya.

Untuk diketahui, dalam berbagai hadits shahih, Bukhari, Muslim, dan lainnya, Rasulullah saw, menganjurkan untuk memelihara jenggot dan mencukur kumis. Dan Rasulullah saw melakukannya. Bahkan itu bagian dari fitrah seorang muslim.

Memelihara jenggot bukan Arabisasi tapi bagian dari ajaran Islam. Di zaman Jahiliyah orang-orang kafir Arab memelihara kumis dan jenggot, di antara mereka ada yang memelihara kumis saja, kemudian datanglah perintah memelihara jenggot dan mencukur kumis dari Rasulullah saw. Jadi anjuran ini datang ketika masa Islam. Dan bukan bagian dari budaya Arab. Rasulullah dan semua sahabat serta para ulama salaf, semuanya berjenggot, Imam Syafi’i juga berjenggot. (fas/fmc/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top