Bahaya, Robot akan Mengganti Manusia dari Dunia Kerja – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Internasional

Bahaya, Robot akan Mengganti Manusia dari Dunia Kerja

FAJAR.co.id-Kemajuan dan perkembangan teknologi seperti tanpa batas. Semua dilakukan untuk kemudahan bagi manusia menyelesaikan pekerjaannya. Namun, hal ini bukan tanpa masalah.

Teknologi robot misalnya, alih-alih dibuat untuk memudahkan menyelesaikan pekerjaan manusia. Justru teknologi robot ini dikhawatirkan akan menggeser manusia dari dunia kerjanya. Ya, teknologi robot bisa membuat orang lain hilang pekerjaannya. Karena digantikan oleh robot.

Hal ini sebagaimana dikemukakan seorang analis, Deloitte, bahwa 30 persen dari pekerjaan yang ada di Inggris hari ini mempunyai resiko tinggi untuk digantikan oleh mesin dalam 10 sampai 20 tahun ke depan. Hal ini seperti lansir situs dailymail.co.uk.

Bahkan pada bagian tertentu di Negara tersebut, memiliki resiko yang lebih tinggi. Diantara jenis pekerjaan yang memiliki resiko tinggi untuk digantikan mesin itu di antaranya, jenis pekerjaan yang berulang-ulang perannya. Seperti staf penjualan telefon, juru ketik dan pegawai bank.

Hal ini cukup beralasan. Pasalnya saat ini di tempat tertentu yang telah menggunakan teknologi robot, membuktikan bahwa robot telah memainkan perannya layaknya manusia.

Di Nagasaki, Jepang, misalnya. Orang mungkin akan terperanjat melihat robot yang berperan untuk melayani tamu hotel seakan-akan manusia benaran.

Dengan mengenakan baju recepsionis dengan rapi, berbahasa inggris dengan sempurna, memiliki mata yang bagus dan rambu yang baik, robot tersebut memeriksa tamu hotel yang ingin menginap. Mantep kan? (imn)

To Top