Ini Nama-Nama Pengganti Puan, Tjahjo dan Pramono di DPR – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Ini Nama-Nama Pengganti Puan, Tjahjo dan Pramono di DPR

FAJAR.co.id, JAKARTA-Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menepis anggapan bahwa partainya sengaja mengulur-ulur pengganti untuk Puan Maharani, Tjahjo Kumolo dan Pramono Anung di DPR RI. Menurut Hasto, belum adanya pengganti tiga kader PDIP yang jadi menteri itu dikarenakan harus mencari figur yang tepat.

Hasto menuturkan, Tjahjo, Puan dan Pramono bukanlah orang sembarangan di partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu. Karenanya, posisi mereka yang ditinggalkan di DPR pun harus ditempati oleh figur yang tidak sembarangan.

‎”Kami persiapkan mereka sebaik-baiknya, karena yang digantikan tokoh besar,” ujar Hasto di kantor DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta, Selasa (15/9).

Ia menjelaskan, DPP PDIP telah menggelar rapat, Senin (14/9) untuk membahas pergantian antara-waktu (PAW) bagi Puan, Tjahjo dan Pramono. Ada nama-nama yang disiapkan masuk DPR sebagai pengganti.

Misalnya, Darmawan Prasodjo akan menggantikan posisi Puan di DPR. Hanya saja, saat ini Darmo -panggilan Darmawan- masih ditugaskan di kantor staf kepresidenan.

Hasto menjelaskan, Darmo memiliki kompetensi di bidang energi. Untuk itu,  nantinya Darmo akan ditempatkan di  Komisi VII.

[NEXT-FAJAR]

Namun, hingga kini, DPP belum dapat kepastian apakah Darmo mau untuk ditempatkan di parlemen. “Beliau baru pulang dari USA, kami akan beri kesempatan apakah mau jadi anggota dewan atau tetap jadi deputi KSP. Kami masih konfirmasi,” tuturnya.

‎Untuk pengganti Pramono Anung, DPP PDIP telah menyiapkan Eva Kusuma Sundari. Hanya saja, Eva memang bukan pemillik suara terbanyak setelah Pramono di daerah pemilihan Jawa Timur VI. “Tapi melihat kebutuhan partai, maka kami tegaskan mengutus Eva,” sebut Hasto.

Sedangkan calon pengganti Thahjo Kumolo adalah seniman Tuti Roosdiono. Kata Hasto, Tuti adalah pegiat seni yang pandai berdiplomasi.

Dikarenakan sudah ditemukan para pengganti yang pas, Hasto mengatakan bahwa PAW bukan lagi jadi persoalan. “Sehingga, praktis PAW tidak ada kendala lagi,” ucap Hasto.

Selain itu Hasto juga menegaskan bahwa tidak ada rangkap jabatan oleh tiga kader PDIP yang kini jadi menteri itu. Sebab, ketiganya juga sudah tidak menikmati fasilitas sebagai anggota DPR. “Seluruh hal terkait fasilitas kembali ke negara,” seru dia.

Hasto juga mengatakan bahwa proses PAW kader PDIP tidak akan mengganggu kinerja di DPR. Paslanya, kerja fraksi bersifat kolektif. “Ini mekanisme yang ditempuh partai. Jadi,‎ tidak ada persoalan lagi,” pungkasnya.(dna/JPG)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top