PAN Gabung, Menteri Asal PKB dan Hanura Terancam – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

PAN Gabung, Menteri Asal PKB dan Hanura Terancam

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Partai Amanat Nasional (PAN) telah memutuskan untuk bergabung dengan Koalisi Indonesia Hebat (KIH). Masuknya PAN ke pemerintahan diyakini akan mengubah komposisi menteri yang menghuni Kabinet Kerja. Beberapa menteri diprediksi akan digusur untuk menampung kader PAN.

Pengamat politik Indonesia Institute for Development and Democracy (Inded) Arif Susanto menilai, menteri yang akan tergeser dari jabatannya sangat mungkin dari PKB dan Hanura. Hal itu terbukti dengan dicopotnya jatah menteri dari NasDem.

“Setelah kader NasDem Tedjo Edhy Purdijatno digusur dari Kabinet Kerja, sangat mungkin Presiden Jokowi juga mengevaluasi para menteri kader PKB dan Partai Hanura,” kata Arif kepada INDOPOS, kemarin (14/9).

Dengan dicopotnya Tedjo, maka NasDem tinggal memiliki dua menteri. Yakni Menteri Tata Ruang dan Agraria Ferry Mursyidan Baldan dan  Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya. Sedangkan menteri PKB saat ini masih ada 4 orang, sama dengan jumlah PDIP. Lalu Hanura ada dua  menteri.

“Untuk menggusur menteri PDIP sangat sulit, karena partainya  Megawati ini sebagai pemimpin KIH. Jadi tinggal PKB saja yang akan dikurangi satu. Tiga menteri PKB yang tersisa masih sangat cukup,” tegas Arif. (ip/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top