Pemenang Praperadilan: Saya Sempat Ditahan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Pemenang Praperadilan: Saya Sempat Ditahan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Putusan hakim praperadilan yang membatalkan penetapan tersangka disambut lega Oei I Ming, warga Jl. Serui Makassar. Melalui kuasa hukumnya, Agussalim, Oei I Ming berharap putusan hakim tersebut menjadi pembelajaran bagi penyidik Polrestabes Makassar untuk tidak mudah menetapkan seseorang menjadi tersangka.

Oei I Ming menyebutkan dalam pemeriksaannya sempat ditahan dengan alasan dikhawatirkan melarikan diri. Karena itu, dia mengaku sangat menyesalkan perilaku penyidik selama pemeriksaannya. Kasus yang menyeretnya menjadi tersangka terjadi 2012 lalu melalui membelian tanah milik Yohanes di Jl H Bau. Saat itu, Oei ingin membangun rumah toko (ruko) di tanah yang dibeli dari Yohanes tersebut. Namun membangun ruko, syaratnya harus ada izin membangun (IMB).

Dengan alasan status tanahnya masih atas nama Yohanes, maka Oei I Ming membuat permohonan IMB atas nama Yohanes, seolah-olah yang mengajukan permohonan IMB, Yohanes. Alasan Oei I Ming melakukan hal itu semata-mata mempercepat pengurusan IMB. Apakah Yohanes marah atau keberatan namanya dicatuit menjadi pemohon IMB oleh Oei I Ming? Ternyata tidak. Dalam sidang sebelumnya, Yohanes mengaku tidak keberatan. Belakangan muncul Faizal Mamma, sebagai pelapor kasus tersebut.

Kasubag Hukum Polrestabes, Burhan mengatakan siap melaksanakan putusan praperadilan. Demikian pula pengacara Oei I Ming, Agussalim mengapresiasi putusan pengadilan yang dimenangkan kliennya mengingat sangat jarang ada praperadilan di Pengadilan Negeri Makassar dikabulkan. Dia juga berharap putusan prapedilan itu menjadi pembelajaran bagi penyidik kepolisian. (jai)

loading...
Click to comment
To Top