Punya Satu Tangan dan Kaki, Pria Ini Bersepeda Keliling Eropa – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Internasional

Punya Satu Tangan dan Kaki, Pria Ini Bersepeda Keliling Eropa

FAJAR.CO.ID, TIDAK semua orang yang normal fisiknya mampu melakukan apa yang dilakukan pria ini. Dengan hanya menggunkan sepeda ia telah bersepeda keliling benua Eropa. Perjalanan sejauh 1.600 mil, dengan melewati pegunungan dan jalur yang ekstrim.

Christian Haetich, pria berumur 54 tahun ini, memiliki cacat pada tangan dan kaki kirinya. Keduanya diamputasi karena sebuah kecelekaan mobil yang pernah dialaminya. Namun ia telah melakukan hal yang bahkkan tidak semua orang normal pun tidak mampu melakukannya.

Meski bermodal satu tangan dan satu kaki, Haetich, berhasil menyelesaikan even Haute Route yang diikutinya. Padahal Houte Route adalah salah satu even cycling (bersepeda) yang paling sulit di dunia. Sebab even tersebut menempuh jalur yang sangat ekstrim.

Kemampuannya untuk mengendarai sepeda beribu-ribu mil dengan keterbatasan fisik ini, salah satu faktornya adalah tekad yang kuat dan dorongan istrinya. Istrinyalah yang mengajarinya. Menurutnya, awal-awal dia belajar bersepeda dengan kondisi teramputasi itu memang sangat sulit dan sering jatuh-jatuh.

“Sangat sulit waktu itu, saya mengendarai sepeda sejauh 50 meter kemudian saya jatuh. Tapi saya bangun dan coba lagi. Itu terjadi beberapa kali.” Kata Haetich, sebagaimana dilansir dailymail.co.uk.

Namun hari ini, ia bisa berbangga karena meski memiliki ketrbatasan, dia mampu menyelesaikan even paling ekstrim di dunia. (imn)

loading...
Click to comment
To Top