Tolong… Muslim Diusir dari Masjid Al Aqsa – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Tolong… Muslim Diusir dari Masjid Al Aqsa

FAJAR.co.id, YERUSALEM – Bentrok polisi Israel dan kelompok muslim di kompleks Masjid Al Aqsa berlanjut hingga hari kedua, Senin (14/9).

Polisi yang menjaga kompleks untuk melindungi pemeluk Yahudi yang sedang merayakan Rosh Hashanah menggunakan kekerasan untuk mengusir para pemuda muslim dari sana.

“Semuanya berawal pagi ini (kemarin, Red). Polisi yang bersitegang dengan para pemuda muslim di kompleks Al Aqsa akhirnya bentrok di kawasan perbukitan,”ujar juru bicara kepolisian setempat.

Beberapa saksi mata mengaku mendengar dentuman dari arah bukit yang masih berada dalam kompleks Al Aqsa. Para pemuda muslim itu memakai penutup wajah dan penutup kepala.

Dalam keterangannya, polisi mengklaim bahwa para pemuda muslim yang mereka sebut sebagai demonstran itu lebih dahulu menyerang aparat.

‘Para pemuda tersebut melempari petugas kami yang masuk ke kompleks Al Aqsa dengan batu,” ucap si jubir.

Lima demonstran lantas diamankan. Kelompok pemuda tersebut pun dibubarkan sebelum para peziarah Yahudi memasuki kompleks.

Kompleks Al Aqsa memang kontroversial. Selain umat Islam, penganut Yahudi mengklaim kompleks tersebut sebagai tempat suci mereka. Tiap tahun, tepatnya dalam perayaan Rosh Hashanah, Al Aqsa dipadati warga Yahudi.

Kaum Yahudi menyebut kompleks itu sebagai Temple Mount. Untuk mencairkan ketegangan di zona religius tersebut, Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu langsung menggelar rapat kemarin. (AP/AFP/hep/c10/ami)

Click to comment
To Top