300 Kontraktor Maros Belum Daftar BPJS – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

300 Kontraktor Maros Belum Daftar BPJS

FAJAR.CO.ID, FAJARONLINE — Pengusaha jasa atas sejumlah proyek yang dananya diambil dari APBD Maros, mencapai 300-an kontraktor, namun belum semuanya memasukkan para pekerjanya dalam BPJS ketenagakerjaan.

Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Maros Muh Alwi menuturkan, seharusnya berdasarkan aturan yang ada, seluruh kontraktor yang ada di kabupaten Maros wajib memasukkan pekerjanya dalam BPJS Ketenagakerjaan.  Apalagi kata Alwi, pekerja sangat rentan terkena kecelakaan kerja saat bertugas.

“Namun di Maros dari hampir 300 lebih pengusaha jasa konstruksi, sebagian besar masih bandel. Hanya beberapa pengusaha saja yang memasukkan pekerjanya dalam BPJS,” ujarnya, Rabu 16 September.‎

Dia menuturkan, untuk meningkatkan minat pengusaha, maka kedepannya Disnakertrans Maros akan menggandeng BPJS dan Kejari untuk bekerja sama dalam melakukan sosialisasi sistem jaminan sosial bagi tenaga kerja ke pengusaha konstruksi.

Kurangnya minat pengusaha untuk mendaftarkan pekerjanya ke BPJS, Diakui Alwi,  karena lemahnya aturan yang mengikat. Sementara Disnakertrans tidak memiliki wewenang untuk mengambil tindakan tegas.

“Kami hanya mengatur kepentingan bagi pekerja. Bila ada pengusaha yang tdak menjalankan aturan, maka akan  ditangani oleh mediator dan pengawasan. Sementara untuk sanksi akan diberikan oleh pengadilan hubungan industrial, “ungkapnya. (ris/wik)

loading...
Click to comment
To Top