Bolos Berbulan-bulan, Kades Didemo Warganya – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Bolos Berbulan-bulan, Kades Didemo Warganya

TEMANGGUNG – Akibat bolos bekerja selama berbulan-bulan, Kades Candimulyo, Kecamatan Kedu, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, didemo ratusan warganya Rabu (16/9). Mereka menuntut agar kades tersebut segera dicopot dari jabatannya.

Dalam aksi demo di Balai Desa Candimulyo, ratusan warga Candimulyo diterima oleh jajaran Muspika Kecamatan Kedu dan Kabag Pemerintahan Desa Setda Temanggung. Mereka menganggap bahwa kades yang menjabat saat ini Supandi Marnoto sudah tidak bisa lagi memimpin desa. Sikapnya yang indisipliner sudah sangat mengganggu jalannya pemerintahan desa. Karena itu, warga menuntut kepada Muspika maupun Pemkab Temanggung untuk memberhentikan kades tersebut.
“Pelayanan terhadap masyarakat sudah sangat terganggu, mau minta tanda tangan saja tidak bisa terlayani, karena kades yang tidak masuk selama 3 bulan lebih. Keinginan masyarakat ya dicopot dari jabatan kades, diganti pejabat lain,” tegas Santoso, warga Candimulyo.
Senada dengan warga desa, salah satu perangkat desa setempat, Slamet, mengakui bahwa apa yang dikatakan oleh warga tersebut benar adanya. Kades Supandi memang jarang masuk kantor. Bahkan dua bulan terakhir ini tidak masuk kantor lagi tanpa alasan yang jelas.
“Kami sebagai perangkat desa juga kesulitan untuk menemuinya, jadi banyak agenda atau progam desa yang tertunda karena kades tidak masuk kantor,’’ terangnya.
Sementara itu Kabag Pemerintahan Desa Setda Temanggung Romadhon seusai bertemu dengan warga mengukapkan terkait laporan warga pihaknya akan melakukan penyelidikan. Namun bila hal tersebut benar-benar terjadi tentunya sang kades telah melakukan pelanggaran berat.
“Dari berbagai laporan yang masuk, termasuk dari perangkat maupun pak camat, Kades Supandi memang sudah tiga bulan tidak masuk, jika itu benar itu memang termasuk pelanggaran berat, sanksi pun akan sangat berat yaitu pemberhentian,” tegasnya. (din)

Click to comment
To Top