Cegah Antraks, Dinas PKPK Vaksin Ratusan Sapi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ekonomi & Bisnis

Cegah Antraks, Dinas PKPK Vaksin Ratusan Sapi

FAJAR.CO.ID, PAREPARE — Jelang lebaran Idul Adha, Dinas Kehutanan Peternakan, Perikanan dan Kelautan (PKPK) giat melakukan pencegahan perkembangan virus antraks pada hewan jenis sapi yang siap dipotong untuk kurban. Ratusan sapi di belasan kawasan peternakan disambangi untuk melakukan pengecekan dan penyuntikan vaksin.

Dokter Hewan Dinas PKPK, Yuli Hatta, mengatakan pemeriksaan sapi ternak warga tersebut untuk mengetahui kondisi sapi secara detail untuk kesiapannya menjelang Idul Adha dan kesehatan ternak warga sendiri. Selain pemeriksaan, sapi-sapi kemudian diberikan vaksin untuk mencegah penyebaran antraks.

“Jelang Idul adha kita periksa langsung kondisi kesehatan sapi dan memberikan perawatan kesehatan bagi hewan ternak warga khususnya sapi. Kita vaksin untuk pencegahan penyakit antraks yang biasanya diderita sapi,” ujarnya.

Ia menambahkan, selain memberikan vaksinasi, juga menyuntikkan vitamin dan anti penyakit cacingan yang biasa diderita sapi. “Sapi-sapi yang akan dipotong pada idul adha maupun untuk dipelihara itu harus sehat. Kondisinya mesti bebas penyakit,” kata dia.

Kadis PKPK, Damilah Husain menjelaskan, hingga saat ini belum ada ditemukan sapi yang terkena penyakit antraks maupun penyakit hewan lainnya. Upaya yang dilakukannya ini untuk mencegah pertumbuhan hingga penyebaran virus penyakit hewan.

“Pemeriksaan hewan dan vaksinasi ini rutin dilakukan khususnya menjelang Hari Raya. Syukur alhamdulillah belum ada ditemukan kasus antraks maupun penyakit lainnya,” ujarnya. (syl/wik)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top