Gara-Gara Ratusan Turis, Panen Telur Penyu Terancam Gagal – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Internasional

Gara-Gara Ratusan Turis, Panen Telur Penyu Terancam Gagal

FAJAR.CO.ID, KOSTARIKA – Ribuan penyu yang sering bertelur pada tiap tahun di pantai Kostarika, Ostional Wildfire Refuge,  terancam punah. Pasalnya, penyu-penyu itu tidak jadi meletakkan telurnya di tepi pantai karena ulah ratusan turis yang datang mendekati sarangnya.

Salah satu pantai yang terdapat di Kostarika tersebut memang memiliki pemandangan indah pada tiap tahunnya. Dimana ribuan penyu akan naik ke tepi pantai untuk meletakkan telurnya. Hal ini membuat kawasan pantai itu di jadikan destinasi wisata dan hewan itu sebagai hewan yang dilindungi.

Aksi para turis yang menerobos masuk ke kawasan terlarang itu, sarang penyu, membuat pemerintah setempat berang dan akan mengivestigasi kejadian tersebut. Karena kejadian seperti ini belum pernah terjadi sebelumnya.

Sebagaimana pengakuan salah seorang pejabat Refuge, Carlos Hernades, menurutnya ia belum pernah melihat jumlah pengunjung yang masuk ke pantai sebanyak itu. Bahkan di antara mereka ada yang mendekati sarang penyu.

Kawasan pantai di Kostarika ini termasuk salah satu di antara dua daerah yang paling penting di dunia untuk perkembangbiakan penyu. Ostional Wildlife Refuge ini, dimasukan sebagai kawasan yang dilindungi pada tahun 1982. Dia juga adalah satu-satunya tempat yang diperbolehkan untuk memanen telur penyu.

Namun, panen hanya dizinkan pada gelombang pertama penyu yang meletakkan telurnya. Sementara gelombang terakhir dari penyu yang meletakan telurnya dilarang. Pasalnya penyu gelombang ke dua yang akan bertelur biasanya akan merusak telur yang pertama. (imn)

loading...
Click to comment
To Top