Ini Asal Dana Demonstrasi Honorer K2 – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Ini Asal Dana Demonstrasi Honorer K2

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Aksi puluhan ribu honorer kategori dua (K2), Selasa (15/9) kemarin ternyata menghabiskan dana hingga miliaran rupiah. Dana ini terserap untuk biaya transportasi, makan, dan minum, serta poster.

Ketua Forum Honorer K2 Indonesia (FHK2I) Titi Purwaningsih mengungkapkan, ‎dana yang dikeluarkan honorer K2 sangat banyak. Dia mengambil sampel untuk wilayah Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah yang menurunkan 10 bus dengan 550 personel.

“Untuk biaya honorer K2 Kabupaten Banjarnegara saja sudah sekitar 150 juta rupiah. Itu saya hitung biaya makan minum satu orang 50 ribu loh, karena faktanya lebih. Di Jakarta kan biaya makan minumnya mahal,” tutur Titik yang dihubungi JPNN (Fajar Group), Rabu (16/9).

Untuk wilayah Jawa Timur lebih banyak lagi. Ambil contoh Kabupaten Blitar, biaya yang dikeluarkan hingga Rp 300 juta untuk akomodasi honorer K2.

“Saya puyeng deh kalau mau hitung-hitung gitu karena dananya yang keluar terlalu banyak. Inikan yang turun banyak dari kabupaten/kota jadi anggarannya di kisaran Rp 100 juta sampai Rp 300 juta per daerah. Alhamdulillah cuma sehari demonya, kalau dua hari costnya lebih besar lagi,” ucapnya.

Lantas darimana dana itu? Titi mengungkapkan, semuanya murni swadaya honorer K2. Banyak yang sampai jual kambing Rp 500 ribu – Rp 1 juta. Ada juga yang menggadaikan sepeda motornya.

“Kalau cuma mengandalkan iuran, tidak cukup dananya. Jadi ini benar-benar murni swadaya honorer K2. Kalau cuma mikirin dana besar, sudah mundur duluan. Untungnya kami diteguhkan niatnya oleh Ketua PB PGRI,” tandasnya. (esy/jpnn)

Click to comment
To Top